Bupati Bone Bolango Buka Bursa Inovasi Desa

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Senin, 27 November 2017 | 20:02 WIB - Redaktur: Tobari - 433


Bone Bolango, InfoPublik – Bupati Bone Bolango Hamim Pou membuka secara resmi Bursa Inovasi Desa tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2017, bertempat di Auditorium BPIJ Provinsi Gorontalo di Desa Moutong Kecamatan Tilongkabila, Senin (27/11).

Bupati Hamim Pou dalam sambutannya mengatakan mendengar kata inovasi sudah pasti yang ada dalam benak kita adalah proses gerakan perubahan dari kondisi saat ini menjadi yang lebih baik.

Banyak desa maupun daerah tak mampu mengubah kondisi yang sekarang ini masih stagnan dalam arti belum ada perubahan yang cukup berarti. ”Masih banyak masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan, masih terdapat pengangguran,” kata Hamim Pou.

Kata Hamim, kita tahu bersama bahwa angka kemiskinan di Bone Bolango pada tahun 2017 adalah 17,19% dibandingkan tahun 2016 sebesar 18,49%. Hal ini menunjukan adanya penurunan 1,3%.

”Meskipun pada tahun ini angka kemiskinan mengalami penurunan yang cukup berarti sampai pada angka 16,68%. Hal ini menunjukkan bahwa perlunya konsistenan dalam upaya pengurangan angka kemiskinan,”katanya.

Dikatakannya pula, secara realistis masih banyak tantangan bagi kita di daerah dan desa untuk senantiasa mencari jalan keluar bagaimana menurunkan angka tersebut secara signifikan setiap tahunnya.

“Kita tahu bersama bahwa kemiskinan tidak akan tuntas atau keluar dari kemiskinan, tapi minimal ada upaya nyata dan bergerak positif untuk mengurangi angka kemiskinan. Masih banyak pelaksanaan program yang harus perbaiki,” tuturnya.

Hamim pun berharap melalui kegiatan bursa inovasi desa tersebut, dapat merekam inovasi yang telah kita laksanakan di tahun kemarin dan akan kita tingkatkan baik proses maupun kualitas hasilnya dimasa datang merupakan inti daripada inovasi itu sendiri.
“Kami yakin dan percaya bahwa kunci keberhasilan desa dan daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan keluar dari middle-income trap adalah inovasi,”ujar Hamim dan menjelaskan inovasi adalah keniscayaan untuk mempertahankan eksistensi dan tidak ada ketakutan kita dalam berkompetisi di era global.

Sebelumnya, Koordinator Kabupaten Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Bone Bolango Adnan Yahya menjelaskan  tujuan diselenggarakannya bursa inovasi desa, antara lain membagi kegiatan inovasi yang telah di dokumentasikan dalam bentuk video maupun tulisan. Selain itu, membangun komitmen desa untuk melakukan adaptasi inovasi.

Sementara itu, pantauan di lokasi pembukaan Bursa Inovasi Desa, diawali dengan penandatanganan MoU antara Pemerintah Daerah dan Kapolres Bone Bolango tentang pengawasan, pencegahan, dan penanganan masalah dana desa di Kabupaten Bone Bolango.

Masing-masing dilakukan oleh Bupati Hamim Pou dan Kapolres Bone Bolango yang diwakili Kabag Perencanaan AKP Nasrul. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)