Garuda Indonesia Perluas Kerja Sama Penerbangan Umrah Domestik

:


Oleh Dian Thenniarti, Selasa, 14 November 2017 | 08:46 WIB - Redaktur: Juli - 320


Jakarta, InfoPublik – Maskapai nasional Garuda Indonesia pada Senin (13/11) melakukan kerja sama dengan penyedia layanan ibadah Umrah dan Haji dari Bandung, Jawa Barat, yaitu PT Solusi Balad Lumampah dalam bentuk kerjasama layanan penerbangan umroh untuk rute penerbangan Jakarta – Jeddah pp.

Pelaksana Harian VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia (persero) Tbk Hengki Heriandono mengemukakan, dalam kerja sama penerbangan Umrah tersebut, Garuda Indonesia akan mengangkut sebanyak 20.142 calon Jemaah Umrah yang seluruhnya berasal dari Jawa Barat selama periode November 2017 – Mei 2018.

"Kerja sama penerbangan Umrah Jakarta - Jeddah pp tersebut akan dilayani sebanyak 54 kali penerbangan dalam periode waktu antara 5 November 2017 hingga 7 Mei 2018 pada setiap hari Minggu dan Senin menggunakan armada Boeing 777-300 ER yang berkapasitas 367 kelas ekonomi dan 6 kelas bisnis," ujarnya.

Pelepasan penerbangan Umrah perdana Jakarta - Jeddah pp tersebut dilaksanakan simbolis oleh Direktur Utama Solusi Balad Lumampah, Aom Juang Wibowo, Vice President Garuda Indonesia Jakarta Raya Region, Flora Izza dan General Manager Garuda Indonesia Branch Office Bandung, Erina Damayanti di Terminal 3 Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Dalam penerbangan tersebut sebanyak 373 calon Jemaah Umrah asal Jawa Barat diangkut dalam penerbangan GA 980 tersebut.

Sebelumnya, maskapai nasional Garuda Indonesia pada Minggu kemarin (12/11), juga telah mengoperasikan layanan penerbangan charter khusus penumpang Umrah di rute Padang-Jeddah pp.

Layanan tersebut sebagai upaya optimalisasi potensi pasar Umrah sekaligus peningkatan layanan kepada pengguna jasa, khususnya di Sumatera Barat, dengan menghadirkan penerbangan langsung dari kota Padang.

Pelepasan penerbangan charter perdana Padang-Jeddah pp dilaksanakan simbolis oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah SP, bersama manajemen Garuda Indonesia yang diwakili VP Sumatera Region Dian Ediono. Sebanyak 306 penumpang Umrah asal Sumatera Barat diangkut dalam penerbangan GA9860 tersebut.

Penerbangan charter Padang-Jeddah pp tersebut akan dilayani sebanyak 24 kali dalam periode waktu antara 12 November 2017 hingga 6 Juni 2018 menggunakan armada Airbus 330-300 all Economy Class berkapasitas 306 kursi yang dilengkapi inflight entertainment yang akan memberikan kenyamanan dan hiburan bagi para penumpang selama perjalanan.

Layanan penerbangan charter tersebut adalah bentuk komitmen perusahaan sebagai maskapai flag carrier yang berasal dari salah satu negara dengan jumlah umat Muslim terbesar di dunia dalam memberikan kemudahan umat Muslim Indonesia melaksanakan perjalanan ibadah ke Tanah Suci. Dengan penerbangan charter Padang-Jeddah pp ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Sumatera Barat untuk melakukan penerbangan langsung Jeddah yang tentunya akan sangat menghemat waktu dan biaya.

Sebagaimana diketahui, penerbangan Umrah merupakan salah satu penerbangan yang tinggi peminat di Indonesia dengan total jumlah trafik sekitar 1 juta penumpang per tahun dan diproyeksikan makin meningkat tiap tahunnya. Di provinsi Sumatera Barat, potensi pasar Umrah saat ini mencapai 20 ribu penumpang per tahun (selama periode 8 bulan) atau rata-rata sebanyak 2.500 penumpang setiap bulannya.