Lestarikan Budaya Batak, Pemuda Tobasa Batak Gelar Tortor Gondang Naposo

:


Oleh MC Toba Samosir, Selasa, 10 Oktober 2017 | 15:04 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 790


Balige, InfoPublik - Untuk melestarikan Budaya Batak salah satunya tarian (Tortor) Batak ,Karang Taruna Desa Tangga Batu menggelar pesta gondang Naposo Tortor Batak untuk pemuda-pemudi Desa Tangga Batu I dan sekitarnya.

Mengusung tema “Jadilah Pemuda Pemudi Teladan dan Berjiwa Positif Agar Layak Ditiru”, acara ini digelar di Desa Tangga Batu I Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara Sabtu (7/10).

Tokoh masyarakat Tobasa St. Amir Manurung dalam sambutannya menyampaikan kiranya acara budaya Naposo ini dapat menjadi budaya yang berseni dan maju.

“Kiranya kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan agar muda-mudi terus dapat melestarikan gondang budaya batak Naposo,dan kiranya pemuda-pemudi Tangga Batu I ini dapat menjadi pemuda-pemudi yang maju kedepannya,” jelasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Tangga Batu I Juner Sitorus menyampaikan sesuai dengan visi dan misi Desa Tangga Batu I untuk mewujudkan lingkungan di desa yang bersih maka diharapkan partisipasi dari pemuda-pemudi agar berperan dalam pembangunan desa baik melalui kegiatan seni maupun kegiatan lainnya.

 “Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia dan Karang Taruna yang telah menggelar acara ini, saya sangat berharap kiranya pemuda pemudi Desa Tangga Batu I ini dapat berperan aktif dalam pembangunan di bidang seni maupun bidang lainnya," kata Kades Juner Sitorus.

Sebelumnya dilaksanakan kebaktian dipimpin Pdt S. Situmorang dari gereja HKI Simpang Empat Kecamatan Parmaksian dengan membacakan doa agar kegiatan ini berlangsung sukses dan direstui Tuhan Yang Maha Esa. (MC Tobasa oct/rik/elvira)