Kabupaten Indramayu Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2017

:


Oleh Media Center Kabupaten Indramayu, Jumat, 6 Oktober 2017 | 16:06 WIB - Redaktur: Tobari - 409


Indramayu, InfoPublik – Di tengah semarak dan hingar-bingar perayaan Hari Jadi Indramayu, baru-baru ini Kabupaten Indramayu menerima Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu Dudung Indra Ariska.

Penyerahan penghargaan dilakukan, saat pembukaan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dirjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri bertempat di The Media Hotel & Tower, Jakarta,Senin (2/10).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Indramayu mengucapkan terimakasih atas apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri kepada Kabupaten Indramayu. Penghargaan dari pemerintah pusat ini membuktikan bahwa Kabupaten Indramayu memiliki kinerja yang lebih baik, berprestasi, dan layak untuk dibanggakan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas diraihnya Anugrah Upakarya Wanua Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan saya dedikasikan untuk seluruh masyarakat Indramayu. Mari jadikan berbagai macam penghargaan yang telah diraih oleh Kabupaten Indramayu menjadi motivasi kita semua untuk bekerja dan berbuat lebih baik,” kata Hj. Anna.

Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha adalah penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri yang diberikan kepada Kepala Daerah yang telah berprestasi dalam melakukan pembinaan dan mendorong Desa/Kelurahan di wilayahnya menjadi Desa/Kelurahan percontohan yang dibuktikan dengan prestasi sebagai Juara 1 Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Regional.

Dengan adanya desa/kelurahan percontohan sebagai model dari desa/kelurahan yang ideal sesuai kriteria Kemendagri, diharapkan desa dan kelurahan di seluruh wilayah Indonesia dapat meniru desa yang sudah dinobatkan sebagai desa/kelurahan percontohan tersebut.

Karena desa/kelurahan yang jadi model itu, sangat baik dilihat dari sisi pelayanan kepada masyarakat, ketertiban administrasi, penguatan infrastruktur pedesaan, dan partisipasi masyarakat.

“Saya berharap desa dan kelurahan lain mengikuti jejak desa/kelurahan yang sudah jadi model itu,” kata Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dr. Nata Irawan.

Hal ini karena desa yang berpredikat juara lomba desa/kelurahan, sudah memenuhi kriteria desa/kelurahan yang ideal sesuai standar dari Kemendagri, sehingga desa dan kelurahan di Indonesia menjadi maju dan berkembang.

Sebagaimana diketahui, pada tahun lalu, Kabupaten Indramayu melalui Desa Majasari Kecamatan Sliyeg menjadi Juara 1 pada Lomba Desa Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendagri.

Atas dasar itu, Kabupaten Indramayu berhak mendapatkan penghargaan bergengsi dari Kemendagr sebagai kabupaten yang telah membina desa. Pengahargaan ini juga menjadi kado manis peringatan ke-490 tahun berdirinya Kabupaten Indramayu. (dedy suprayogi/Diskominfo Indramayu/toeb)