DPP Bone Bolango Lakukan Pemeriksaan 923 Ekor Hewan Qurban

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Kamis, 31 Agustus 2017 | 07:12 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 385


Bone Bolango, Infopublik – Menjelang hari Raya Idul Adha 1438 H/2017,  banyak para pedagang maupun pengumpul hewan qurban menjual hewan ternak mereka, baik sapi dan kambing untuk qurban.

Untuk memastikan apakah hewan tersebut layak untuk diqurbankan, maka Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Kabupaten Bone Bolango melakukan pemeriksaan hewan qurban, sejak tanggal 21 Agustus 2017 hingga saat ini.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyakit berbahaya yang ada pada hewan tersebut.

“Langkah pemeriksaan ini dilakukan oleh DPP Bone Bolango ini dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha maupun Idul Qur’ban,” ujar Sekretaris DPP Bone Bolango, Roswaty Agus yang turut didampingi Kabid Keswan Kesmavet Alwin Karim, disela melakukan pemeriksaan 12 ekor sapi hewan qurban di MAN Insan Cendekia Gorontalo, Rabu (30/8).

Roswaty mengungkapkan DPP Bone Bolango sudah membuat jadwal kunjungan ke pengumpul-pengumpul untuk memastikan bahwa sapi yang menjadi qurban nanti adalah sapi yang sehat dan terpenuhi dalam syariat agama yaitu umur dan tidak cacat.

Dia menambahkan dari tanggal 21 Agustus 2017, DPP Bone Bolango, hususnya dari Bidang Keswan dan Kesmavet itu telah melakukan pemantauan dan pemeriksaan hewan qurban dibeberapa titik, terutama di pengumpul-pengumpul ternak sapi.

“Alhamdulillah dari seluruh rangkaian untuk pemantauan dan pemeriksaan hewan qurban ini, tidak satupun hewan yang terindikasi berpenyakit,” ujar Roswaty.

Roswaty menjelaskan hingga saat ini jumlah total hewan qurban yang sudah dilakukan pemeriksaan itu berjumlah 923 ekor, terdiri dari 906 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Alhamdulillah semuanya siap untuk di qurbankan dan memenuhi syariat agama.

”Insya Allah kita akan tetap melakukan pemantauan terus untuk perkembangan penambahan ternak sapi yang akan di qurbankan pada Hari Raya Idul Adha tahun ini,” tukasnya. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir)