Kelompok Darwis Dharmasraya Bersih-bersih di Komplek Candi Padang Roco

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Selasa, 29 Agustus 2017 | 20:31 WIB - Redaktur: Tobari - 830


Dharmasraya, InfoPublik –  Sebanyak 35 orang yang tergabung dalam 12 Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) se-Kabupaten Dharmasraya melaksanakan kegiatan bersih-bersih di kompleks candi Padang Roco Sungai Lansek, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung,  Selasa (29/8).

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Dharmasraya Sutan Hendri, S.Ikom yang didampingi Kabid. Pariwisata, Benny Mandala Putra, S.STP, mengatakan kegiatan bersih bersih dilaksanakan dalam rangkaian “Bimbingan Teknis Peningkatan dan Pengembangan Gerakan Sadar Wisata”.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat  (Sumbar) itu, dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu indoor dan outdoor.

Untuk kegiatan indoor, dilaksanakan di Hotel Sakato Pulau Punjung pada Senin (28/8). Tampil sebagai pembicara disaat itu, Kepala Bidang Destinasi dan Objek Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Hj. Deviani, A.Ing, MM dengan materi “Kebijakan Pemprov. Sumbar dalam Pengelolaan Pariwisata”.

Pada sesi berikutnya, disampaikan materi tentang “Sapta Pesona dan Kesadaran Wisata terhadap Objek Wisata Dharmasraya” oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya, Sutan Hendri, S.Ikom.

Selanjutnya untuk sesi outdoor, dilaksanakan kunjungan dan kegiatan bersih-bersih di kompleks candi Padang Roco Sungai Lansek Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung. Kegiatan ini sejalan dengan program Pemkab Dharmasraya menuju kabupaten sehat.

“Salah satu indikator penilaian kabupaten/kota sehat adalah tersedianya kawasan wisata yang bersih dan sehat, dan kelompok Darwis telah memberikan kontribusi untuk mewujudkannya,” kata Hendri di kompleks candi Padang Roco, Selasa (29/8).

Pada sesi lain, Kabid. Pariwisata, Benny Mandala Putra, S.STP menuturkan, saat ini sudah tercatat 12 kelompok Darwis di Kabupaten Dharmasraya. Setiap kelompok mengirimkan dua orang utusannya dalam bimtek kali ini.

Selain itu, peserta bimtek juga diambilkan dari utusan 11 kecamatan. Dengan demikian jumlah peserta bimtek keseluruhannya adalah 35 orang.

Ditambahkannya, semua pembiayaan penyelenggaraan bimtek ditanggung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, dan Dinas Budparpora kabupaten Dharmasraya hanya memobilisasi kelompok Darwis.

Benny berharap, anggota kelompok Darwis yang mengikuti kegiatan ini dapat menularkan ilmu dan kepeduliannya kepada anggota lainnya. Sehingga gerakan kesadaran wisata semakin luas dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, katanya mengakhiri percakapan. (MC Dharmasraya/toeb)