BI dan Lembaga Terkait Terus Tingkatkan Koordinasi dalam Pemulihan Layanan ATM Bank

:


Oleh Irvina Falah, Selasa, 29 Agustus 2017 | 14:10 WIB - Redaktur: Irvina Falah - 471


Jakarta, InfoPublik - Bank Indonesia bersama Otoritas Jasa Keuangan terus meningkatkan koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Komunikasi dan Informasi, perbankan, PT. Telkom dan pihak terkait lainnya dalam pemulihan layanan ATM bank. Permasalahan layanan pada beberapa ATM bank terjadi sejak Jumat (25/8) sore akibat gangguan (anomali) pada satelit Telkom-1. Koordinasi meliputi langkah pemulihan dan antisipasi yang perlu ditempuh untuk mendukung kelancaran kegiatan sistem pembayaran di masyarakat.

Pihak perbankan telah melakukan langkah-langkah aksi berupa proses pemulihan dalam bentuk koordinasi dengan Telkom, penyampaian informasi kepada nasabah dalam bentuk pengumuman atau website, optimalisasi call center, dan menghimbau nasabah untuk melakukan transaksi melalui ATM yang tersedia di Kantor Cabang serta memanfaatkan jaringan ATM antar bank. Berdasarkan informasi perbankan, sebagian ATM yang terganggu telah dapat berfungsi kembali. Diharapkan seluruh kegiatan transaksi melalui ATM dapat berfungsi kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Dari sisi setelmen sistem pembayaran, Bank Indonesia memastikan bahwa sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) berjalan dengan normal.

Ke depan, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan terus memonitor pelaksanaan proses pemulihan untuk memastikan kelancaran sistem pembayaran, memenuhi kebutuhan masyarakat, dan menjaga perlindungan konsumen.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi call center masing-masing bank atau Bank Indonesia Contact Center (BICARA) 131.

Jakarta, 28 Agustus 2017
Departemen Komunikasi