Dinas PPTP Kaltim Bagikan 100 Polybag Tanaman Cabe Per hari

:


Oleh MC Kalimantan Timur, Rabu, 23 Agustus 2017 | 09:54 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Samarinda, InfoPublik - Dinas Pangan Pertanian Tanaman Pangan (PPTP) Kaltim membagikan setidaknya 100 polybag tanaman cabe bagi masyarakat pada stand pamerannya di arena Kaltim Expo 2017, Convention Hall Samarinda, untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan cabe masyarakat.

“Silakan datang ke Stan Dinas PPTP. Kita akan berikan tanaman cabe dan bahkan tanaman terong, bagi siapa saja yang datang. Tentunya mengisi buku tamu dan menjawab quis berkaitan pangan dan tanaman pangan,” ujar Kepala Dinas PPTP Kaltim Ibrahim, di Samarinda, Rabu (23/8).

Ibrahim berharap masyarakat dapat memenuhi kebutuhan konsumsi cabe secara mandiri. Manfaatnya selain mampu mengurangi pengeluaran kebutuhan konsumsi cabe, juga diharap sekaligus meningkatkan ketahanan komoditi cabe di pasaran.

Tidak dipungkiri, kata dia, ketersediaan komoditi cabe berpengaruh besar terhadap inflasi daerah. Karenanya harus dijamin ketersediannya agar tidak menyebabkan inflasi daerah.

Sedangkan materi yang dipamerkan, Dinas PPTP memamerkan keberhasilan pengembangan komoditi padi, jagung, dan kedelai (pajale), serta buah-buahan dan produk hortikulura.

“Selain itu kita juga menampilkan berbagai produk industri hilir produksi pertanian petani seperti singkong yang sudah diproduksi mocaf dan tepung tapioca, serta berbagai olahan jagung menjadi bermacam produk, dan ice krim berbahan baku durian maupun buah naga,” sebutnya.

Termasuk produksi bahan makanan yang disajikan seiring bertambahnya kewenangan urusan pangan di Dinas PPTP.(diskominfo kaltim/arf/toeb)