Jembatan Kabel Stayed Dharmasraya Harus Rampung 2017

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Rabu, 26 Juli 2017 | 17:54 WIB - Redaktur: Tobari - 632


Dharmasraya, InfoPublik -  Direktur Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. Iwan Zarkasih meninjau kondisi jembatan Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya, Selasa (25/7).

Turut hadir mendampingi, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sumatera Barat Ir. Fhatol Bahri,  Kepala Dinas PUPR Kabupaten Dharmasraya Ir. Junaedi Yunus, dan beberapa pejabat esselon II di lingkup Pemkab. Dharmasraya.

Jembatan Sungai Dareh kabupaten Dharmasraya merupakan jembatan kabel stayed ketiga di wilayah Sumatera, setelah jembatan Barelang Batam dan jembatan Siak. Pembangunan jembatan ini mengahabiskan dana sebesar Rp91 miliar, bersumber dari dana APBN Kementerian PUPR 2017.

Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terhadap penyelesaian proyek jembatan Sungai Dareh, Bupati Sutan Riska sudah menyampaikan aspirasi masyarakat Dharmasraya, yang berkeinginan agar jembatan tersebut segera terwujud.

“Kita sudah menyampaikan laporan kepada Kementerian PUPR. Hal ini sebagai bukti keseriusan Pemkab Dharmasraya agar pembangunan jembatan Sungai Dareh  segera selesai. Hari ini, alhamdulillah, Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kemen PUPR dan Kepala Dinas PU Sumbar melihat langsung pengerjaan jembatan ini,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan harapan kepada semua pihak, agar mendukung dan mengawasi pengerjaan jembatan ini, sehingga hasilnya lebih maksimal.

“Kita ingin agar Jembatan Sungai Dareh ini bisa selesai dengan cepat dan sempurna, tidak asal-asalan,” katanya.

Pada kesempatan itu,  Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR  Ir. Irwan Zakarsih mendesak pihak kontraktor PT. CTA untuk segera menyelesaikan pengerjaan jembatan dengan serius sebelum akhir tahun ini.

“Anggaran pembangunan jembatan ini, tidak bisa lagi dianggarkan pada 2018. Oleh karena itu rekanan harus segera menyelesaikan jembatan ini dengan sempurna sebelum tahun ini berakhir,” tegasnya.

Ia menambahkan, jembatan Sungai Dareh termasuk salah satu jembatan kabel stayed yang terdapat di wilayah Sumatera. Jembatan ini akan dilengkapi dengan lampu warna-warni, dan akan menjadi jembatan kabel stayed termegah di Sumatera Barat, bahkan di Sumatera, jelasnya. (Atr/Hms/McDharmasraya/toeb)