Bawaslu Sulsel: Proses Perekrutan Panwas Dijamin Bersih dan Transparan

:


Oleh Iyar Djadid, Kamis, 13 Juli 2017 | 10:45 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 508


Pinrang, InfoPublik - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang sedianya akan berlangsung pertengahan tahun 2018, perekrutan anggota Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah bergulir dan sontak menjadi pantauan sejumlah elemen masyarakat di setiap daerah.

Tim Seleksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan mengaku tengah bekerja semaksimal dan sebaik mungkin agar hasil perekrutan bisa sesuai dengan harapan masyarakat.

Anggota Bawaslu Sulawesi Selatan Azry yang dikonfirmasi via selulernya Rabu (12/7) menegaskan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik dalam perkerutan ini agar hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Kami jamin, proses perekrutan ini bersih dan transparan. Kami juga menginginkan hal yang sama sesuai harapan masyarakat Sulsel,” ungkap Azry.

Azry menjelaskan, untuk perekrutan ini, setiap pendaftar diberi kemudahan karena bisa mendaftar di daerahnya masing-masing melalui Kantor KPUD setempat. Untuk tim seleksi (Timsel), lanjut Azry, dibagi empat sesuai zona wilayah yakni Parepare, Palopo, Bulukumba dan Makassar/Maros.

” Hasil akhir dari Timsel ini akan menghasilkan enam nama yang dinyatakan lolos dari setiap Kabupaten/Kota kepada kami, Bawaslu Provinsi. Selanjutnya, kami seleksi lagi, dan kami tetapkan tiga nama yang akan mengisi kursi Panwas di tiap Kabupaten/Kota di Sulsel,” kata Azry.

Para anggota Panwaslu ini kelak akan bertugas guna memantau dan mengawal setiap pesta demokrasi seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Legisilatif (Pileg) di setiap daerah.

Salah seorang tokoh masyarakat Pinrang Andi Sinrang Adinda yang ditemui Minggu (9/7) mengungkapkan harapannya terhadap kerja maksimal dari para anggota Panwas kelak jika terpilih.

“Kami berharap, perekrutan ini berjalan seperti yang diharapkan. Peran Panwas sangat penting dalam mengawal dan mensukseskan sebuah momen Politik, Malahan kalau bisa, Bawaslu Provinsi Sulsel turun ke daerah mensosialisaaikan seperti apa kriteria yang mereka inginkan dari hasil perekrutan ini,” ujar Andi Sinrang.