Kendala Pelaksanaan PPDB Online SMA/SMK Sudah Bisa Diatasi

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Jumat, 7 Juli 2017 | 21:33 WIB - Redaktur: Tobari - 478


Sumenep, InfoPublik -  Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Sumenep menyatakan sudah bisa mengatasi berbagai kendala yang sempat terjadi pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA/SMK.

Hal tersebut, dilakukan dengan mendatangkan operator dari Tim Institut Teknologi Surabaya (ITS) untuk membantu memasukkan data siswa.

Koordinator Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep Suyadi, Jum’at (7/7), mengungkapkan, persoalan pelaksanaaan PPDB tingkat SMA/SMK, khususnya di Kabupaten Sumenep memang karena dalam pelaksanaannya masih ada masyarakat yang belum mengerti cara mendaftar online atau masih gagap teknologi (gaptek).

“Karena itu, upaya yang dilakukan dengan mendatangkan operator dari Tim Institut Teknologi Surabaya (ITS) untuk membantu memasukkan data siswa di semua lembaga pendidikan yang ada,” ungkapnya.

Diakui Suyadi, untuk pelaksanaan PPDB wilayah kepulauan memang masih terkendala jaringan internet maupun yang berada diluar zona sekolah. Karena itu, bisa dilakukan pendaftaran di daratan dengan peluang diterima hanya 5%.

Sementara itu, PPDB tingkat SMA/SMK dilakukan dengan 2 jalur yaitu jalur, yakni dengan offline dilaksanakan dengan melihat prestasi non akademik, dan jalur online yang pengumumannya dilaksanakan kemarin.

“Setelah pengumuman PPDB online nantinya akan dilakukan evaluasi untuk melihat persentase keberhasilannya, serta melakukan studi banding dengan daerah lain di Jawa Timur,” katanya. (Ren/Esha/Fer/toeb)