Pembangunan Infrastruktur Indonesia Berdering di Halmahera Barat Ditargetkan Rampung Agustus 2017

:


Oleh MC Kab, Halmahera Barat, Kamis, 6 Juli 2017 | 16:01 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 2K


Jailolo, InfoPublik – Pembangunan tower mini BTS (Base Transceiver Station) di Kabupaten Halmahera Barat yang merupakan program Indonesia Berdering dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mulai dikerjakan.

Tower mini BTS dengan tinggi 32 meter tersebut ditargetkan sebelum tanggal 17 agustus sudah selesai dikerjakan seluruhnya, sehingga pada saat perayaan HUT RI ke 72 bulan agustus 2017, warga di sembilan desa tersebut sudah bisa berkomunikasi dengan sanak famili di luar desa.

Bupati Halmahera Barat, Danny Missy menyambut gembira langkah cepat tersebut, untuk itu, dia menghimbau warga yang ada di sembilan desa tersebut, agar mendukung program pemerintah ini, sehingga fasilitas komunikasi ini  secepatnya dinikmati masyarakat.

"Saya sudah perintahkan Kadis (Kepala Dinas,red) Perizinan untuk secepatnya memproses izin mendirikan bangunan atau tower tersebut,"ujar Bupati Danny.

Pelaksanaan pembangunan 9 unit tower tersebut ditugaskan kepada PT. Dayamitra Telekomunikasi (Mitra Tel). Saat ini proses pembangunan melakukan pencocokan data kordinat yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dengan turun langsung ke desa-desa yang menjadi lokasi pembangunan tower, sekaligus menyelesaikan administrasi dokumen izin pembangunan tower di Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Halbar.

Pemda Halbar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengusulkan 10 tower mini BTS untuk 10 desa yang tersebar di pelosok, yang belum tersedia jaringan telekomunikasi. Namun, hanya 9 desa yang diakomodir.

Kesembilan desa tersebut adalah Desa Idamdehe Gamsungi Kecamatan Jailolo, Desa Todahe Kecamatan Sahu, Desa Bataka Kecamata Ibu Selatan, Desa Togola Wayoli dan Desa Naga kecamatan Ibu, desa Duono dan Desa Soa Sangaji Kecamatan Tabaru, sementara Kecamatan Loloda di Desa Tuguis Barataku, minus Desa Buo Kecamatan Loloda, karena dipending.

Material tower saat ini sudah dalam pengiriman dari Jakarta menuju Halmahera Barat via Pelabuhan Ahmad Yani, Kota Ternate menggunakan kapal kontener. (MC Kab. Halbar /Arman/Elvira)