Tingkatkan Kepersertaan JKN-KIS BPJS Kesehatan Balangan Galakan Sosialiasi

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Selasa, 30 Mei 2017 | 04:40 WIB - Redaktur: Tobari - 345


Paringin, InfoPublik - Masih rendahnya angka kepesertaan JKN-KIS  di Kabupaten Balangan menjadi motivasi tersendiri bagi Kantor Layanan Operasional (KLO) BPJS Kesehatan Kabupaten Balangan untuk meningkatkannya. Salah satu caranya, adalah melalui mengalakan sosialisasi progam JKN-KIS hingga ke desa-desa.

Kepala KLO BPJS Kesehatan Kabupaten Balangan Yuliarsih Sahar mengatakan, hingga kini jumlah keanggotaan JKN-KIS Balangan baru 47.461 orang dari jumlah penduduk sekitar 122.000 jiwa.

“yang sudah dapat kartu JKN-KIS baru 38,77% jadi masih lebih dari separuh warga Kabupaten Balangan belum mendapat akses program JKN-KIS,” ujar Yuliarsih, di Paringin, Senin (29/5).

Untuk meningkatkan kepesertaan JKN-KIS ini, menurut Yuliarsih, pihaknya menggalakkan sosialisasi terkait JKN-KIS ini hingga ke desa-desa.

Selain itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Pemkab Balangan dan pihak terkait lainnya. Khusus dengan Pemkab Balangan, pihaknya juga akan mengupayakan kerjasama integrasi program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan Program JKN-KIS demi tercapainya Universal Health Coverage (UHC) 2019.

"Pada tahun 2019, kami targetkan seluruh masyarakat yang ada di wilayah BPJS Kesehatan Balangan sudah ikut dalam program JKN-KIS," katanya.(mc balangan/sugi/toeb)