Bone Bolango, InfoPublik – Proses penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Tenaga Harian Lepas (THL) Pertanian Kabupaten Bone Bolango tahun 2017, merupakan tercepat se-Indonesia.

Ini menyusul dengan diserahkannya Surat Keputusan (SK) sekaligus NIP kepada 13 orang CPNS THL Pertanian Bone Bolango formasi tahun 2017 oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou, pada apel Korpri yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017, di lapangan Futsal kantor Bupati, Senin (22/5).

Bupati Hamim Pou usai menyerahkan SK kepada 13 CPNS THL Pertanian tersebut, mengatakan dengan telah menyandang status sebagai CPNS, maka diharapkan para CPNS THL Pertanian ini bisa meningkatkan kesungguhan dan kerja keras mereka, terutama di sektor pertanian.

Karena itu, kantor para CPNS THL Pertanian bukan di kantor-kantor maupun di ruang-ruang berAC, tapi mereka harus berada di lapangan, di persawahan, di pertanian, dan areal perkebunan.

Karena tujuan mereka menjadi THL maupun penyuluh itu adalah meningkatkan produktivitas pertanian sekaligus melakukan ekstensifikasi lahan-lahan pertanian tersebut.

“Jadi intensifikasi dan produktivitas hasil pertanian. Karena ini menjadi masalah sensitif bagi kita di tanah air dimana ancaman bahaya kekurangan pangan itu ada di depan,” ujar Bupati Hamim Pou, dan menambahkan salah satu instrumen yang bisa meningkatkan dan menjaga ketahanan pangan dalam rangka meningkatkan produksi maupun ekstensifikasi itu adalah tenaga-tenaga penyuluh lapangan tersebut.

Sementara itu, Kepala BKPPD Bone Bolango Zainal Abdi Ilolu menjelaskan kenapa proses penetapan NIP CPNS THL Pertanian Kabupaten Bone Bolango tahun 2017 merupakan tercepat se-Indonesia, karena di berbagai kesempatan Bupati Hamim Pou selalu menegaskan kepada BKPPD untuk melakukan sesuatu yang monumental di masing-masing OPD berkaitan dengan upaya peningkatan dan akselerasi serta kualitas pelayanan kepada masyarakat.

”Kami di BKPPD menterjemahkan perintah Bupati tersebut dengan menetapkan target waktu yang jelas. Selain itu, kerjasama internal yang matang, kecepatan pada proses berbasis regulasi, intensitas koordinasi yang tinggi serta jemput bola,” jelasnya.

Karena itu, harapan BKPPD kata Zainal Ilolu, khususnya kepada para CPNS THL Pertanian ini, itu bisa belajar dari kecepatan proses pelayanan yang sudah kami lakukan.

Ini bisa menginspirasi CPNS tersebut dan ASN Bone Bolango pada umumnya untuk terus meningkatkan kapasitasnya dalam berkarya dan berkreasi untuk melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat menuju Bone Bolango cerdas, modern dan gemilang (Cemerlang). (MC Bone Bolango/Humas/Kadir/toeb)