BPBD Sosialisasikan Pembentukan TRC Lintas Sektor

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Sabtu, 20 Mei 2017 | 15:08 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 384


Bone Bolango, InfoPublik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone Bolango menyelenggarakan sosialisasi pembentukan Tim Reaksi Cepat (TRC) lintas sektor se Kabupaten Bone Bolango tahun 2017.

Sosialisasi TRC tersebut dilaksanakan di aula kantor Kelurahan Oluhuta, Kecamatan Kabila selama dua hari dari tanggal 16-17 Mei 2017.

Kepala Pelaksana BPBD Bone Bolango, Gagarin Hunawa melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Suryanto K Tabanal, Jumat (19/5), mengatakan sosialisasi ini bertujuan sebagai sarana untuk lebih menggiatkan aktivitas penyelenggaraan kebencanaan secara konverhensif yang berazaskan pemerataan di seluruh bidang pembangunan.

Khususnya dalam membangun koordinasi dan sinergitas yang efektif antara aparat BPBD dengan instansi terkait lainnya guna suksesnya penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan di Bone Bolango.

Suryanto menambahkan melihat kondisi geografis dan luasnya wilayah Kabupaten Bone Bolango, tidak menutup kemungkinan adanya potensi kerawanan bencana khususnya bencana alam yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Maka dipandang perlu memberikan pengetahuan, pemahaman yang sama terkait upaya pengurangan resiko bencana kepada ASN pemerintah daerah, khususnya pemerintahan di kecamatan.

Selain itu, perlu meningkatkan kesadaran aparat kecamatan serta stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana. Sekaligus memotivasi aparat kecamatan serta stakeholder terkait untuk tanggap atas risiko bencana serta rencana penanggulangan bencana.

Untuk itu, momentum penyelenggaraan sosialiasi pembentukan TRC lintas sektor ini, hendaknya benar-benar diarahkan dalam upaya pengenalan penanganan bencana secara cepat dan tangguh, khusunya di kecamatan rawan bencana.

Selanjutnya, memperkenalkan fungsi aparat BPBD bersama instansi terkait agar saling mengisi dan mengkontribusi pengalaman, informasi dan data dalam membangun pemahaman kepada para aparat sipil. Bahwa betapa pentingnya peran BPBD dalam hal penanganan bencana agar para ASN dapat mengetahui langkah-langkah apa yang diambil apabila terjadi bencana sehingga korban yang timbul dapat dicegah.

Diharapkan lewat kegiatan sosialisasi pembentukan TRC lintas sektor ini, dapat menjadi bagian dalam pembinaan kepada masyarakat, khususnya aparat pemerintah di kecamatan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam yang terjadi yang kesemuanya itu akan bermuara pada kokohnya kebersamaan kita dalam mencegah dan menanggulangi masalah yang ditimbulkan oleh bencana. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)