Kabupaten Sidoarjo Peringati Hari Kesadaran Autisme Sedunia

:


Oleh Tobari, Selasa, 9 Mei 2017 | 16:54 WIB - Redaktur: Tobari - 463


Sidoarjo, InfoPublik - Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kabupaten Sidoajo, Minggu (7/5) pagi,  memperingati Hari Kesadaran Autisme Sedunia sekaligus Hari Pendengaran Internasional.

Mereka mengikuti berbagai kegiatan yang digelar UPT. Anak Berkebutuhan Khusus Kabupaten Sidoarjo di halaman Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo. Ada jalan sehat, lomba mewarnai, pentas seni ABK serta senam bersama. Selain itu juga ada kegiatan bersih-bersih telinga dan konsultasi tentang ABK.  

Kegiatan yang diawali dengan jalan sehat. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum yang hadir didaulat untuk memberangkatkan peserta jalan sehat. Para ABK yang didampingi guru pembimbingnya dan sebagaian orang tuanya, tampak antusias mengikutinya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan, serta Kepala BNN Kabupaten Sidoarjo AKBP Supriyanto dan Ketua KONI Sidoarjo Franky Efendi. Usai memberangkatkan, Bupati Sidoarjo bersama pejabat yang lain juga ikut jalan sehat bersama mereka. 

Usai jalan sehat, mereka diajak senam bersama Bupati Sidoarjo dan pejabat yang juga antusias ikut senam. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut, disebutnya, sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah daerah kepada ABK di Sidoarjo. 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan keberadaan ABK memerlukan perhatian khusus. Penanganannya juga harus secara multi dimensi baik dari segi kesehatan, pendidikan, sosial, hukum dan ekonomi.

Bentuk pelayanan pendidikan khusus kepada mereka hendaknya disesuaikan dengan kemampuan dan potensinya. Dengan begitu penanganan yang tepat kepada mereka dapat tercapai.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak kepada semua pihak untuk ikut aktif dalam menangani anak-anak berkebutuhan khusus. Rasa kebersamaan dan solidaritas kepada mereka diharapkan dapat ditunjukkan masyarakat. Dengan begitu pembangunan di bidang sosial di Kabupaten Sidoarjo dapat terus terwujud. 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Mustain Baladan M.Pd.I mengatakan, kegiatan kali ini tidak hanya diikuti oleh ABK saja.

Paguyuban  orang tua ABK yang mendapatkan  pelayanan autisme maupun gangguan pendengaran di UPT. ABK Sidoarjo juga hadir. Selain itu juga hadir 10 lembaga dari asosiasi lembaga ABK Kabupaten Sidoarjo, 10 SLB di Kabupaten Sidoarjo dan 30 sekolah inklusi di Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengatakan ada berbagai kegiatan pada peringatan Hari Kesadaran Autisme Sedunia sekaligus Hari Pendengaran Internasional kali ini, seperti jalan sehat yang bertujuan untuk mengajak anak mengenal lingkungan sosial dan pembiasaan berolah raga sendiri sedini mungkin.

Selain itu ada kegiatan pentas seni dan lomba mewarnai yang bertujuan untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki ABK.  

Dalam peringatan kali ini juga diselenggarakan kegiatan bersih-bersih telinga. Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya pendengaran pada anak.

Ada juga ada kegiatan konsultasi mengenai ABK. Kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang gejala umum pada anak berkebutuhan khusus. (sigit/kominfo/toeb)