Palu, InfoPublik-Guna mengakselerasi implementasi program, PKK Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan rapat konsultasi dimulai Rabu (3/5) hingga Jum’at (5/5) bertempat di Hotel Best Western.

Pembukaan rakon, Rabu Malam ditandai pemukulan gong oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Irwan Lahace, mewakili Gubernur Longki Djanggola.

Rakon yang diikuti lebih kurang 150 peserta dari pengurus PKK provinsi, PKK kabupaten/kota dan perwakilan OPD teknis se Sulteng itu, diharap gubernur bisa memberi nilai tambah atas pelaksanaan program-program strategis PKK yang lebih dinamis dan inovatif.

“Rakon yang diselenggarakan ini adalah sarana untuk membahas dan mengevaluasi 10 program utama PKK guna mewujudkan kesejahteraan keluarga,” ungkap kadis menekankan pentingnya rakon.

Secara khusus, gubernur lewat kadis Irwan berharap OPD teknis turut andil mengoptimalkan PKK.  “Pada pimpinan OPD terkait yang bermitra untuk lebih terbuka mengembangkan PKK agar berandil positif dan memberi daya ungkit bagi pembangunan,” imbuhnya.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Tim Penggerak PKK Sulteng Ny. Zalzulmida A. Djanggola yang berhalangan hadir, lewat saluran telepon, menginstruksikan jajaran PKK provinsi dan kabupaten/kota menindak lanjuti MoU dengan OPD teknis se Sulteng.

Beberapa hal yang di-MoU-kan meliputi program peningkatan capaian PAUD, pemanfaatan pekarangan dan lahan tidur untuk menanam sayur mayur dan cabe, peningkatan posyandu untuk menekan angka kematian ibu dan bayi, mencegah kanker serviks, menyukseskan KB dan Gerakan Kembali ke Sekolah 1000 Anak Harapan Bangsa untuk mengurangi jumlah anak putus sekolah.

“Saya harap PKK lebih aktif, lebih ikhlas dan lebih tulus membantu pemerintah di tengah-tengah masyarakat,” pinta Zalzulmida.

Lebih jauh Ia katakan dalam waktu dekat PKK akan menganugerahi kader-kadernya yang setia mengabdi selama 15 sampai 20 tahun tanpa pernah putus. “Tetap lah semangat untuk mengabdi, hidup dan jaya PKK,” pungkasnya dari telepon.

Pembukaan rakon dihadiri Wakil Ketua PKK Provinsi Ny. Suhartini Karim Hanggi, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj. Sitti Norma Mardjanu, dan Kepala Biro Administrasi Wilayah dan Pemerintahan Dr. Fahruddin, dan para ketua PKK kab/kota se Sulteng. (MC.Sulteng/Eyv)