UNY Fasilitasi Pendidikan Kebudayaan Melalui Festival Dalang Cilik

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Rabu, 3 Mei 2017 | 12:12 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 524


Sleman, InfoPublik - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menyelenggarakan Festival Dalang Cilik di Museum Pendidikan Indonesia UNY. Gelaran rutin yang ketujuh kalinya ini akan berlangsung selama lima hari dimulai pada hari Selasa (2/5) hingga Sabtu (6/5).

Festival Dalang Cilik dimulai pukul 09.00 WIB dengan total 34 peserta yang berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Terdapat dua kategori yang diperlombakan, yaitu SD dan SMP.

Cipto Budi Handoyo, selaku Seksi Pameran Wayang mewakili Ketua Panitia menyampaikan bahwa pelaksanaan Festival Dalang Cilik merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis Universitas negeri Yogyakarta yang ke-53. Meski demikian, acara ini memang dijadwalkan berlangsung bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional.

“Acara ini kami rancang berbarengan dengan acara Hardiknas,” sebut Budi.Dalam wawancara singkatnya, Budi juga menuturkan mengenai pentingnya pemberian pendidikan budaya sedini mungkin untuk anak bangsa.

“Pendidikan itu wilayahnya tidak sekadar di perguruan tinggi tetapi meliputi dari dasar bahkan dari TK ataupun PAUD,” ujar Budi. Melalui festival ini, diharapkan anak bangsa mau belajar kebudayaan khususnya kebudayaan yang dimiliki Yogyakarta yakni wayang kulit.

Bagi masyarakat umum dan pelajar yang ingin menyaksikan bagaimana dalang cilik beraksi, bisa datang secara langsung ke Museum Pendidikan Indonesia UNY dari pukul 08.30-17.00 WIB. Acara ini bersifat gratis. Pengumuman pemenang dari dua kategori perlombaan akan dilaksanakan pada hari terakhir festival, yaitu tanggal 6 Mei 2017.(MC.Kab.Sleman/Eyv)