Pendidikan Utama Bagi Anak Dimulai Dari Keluarga

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Jumat, 31 Maret 2017 | 03:30 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 589


BoneBolango, InfoPublik - Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik dan menumbuhkan sifat-sifat kepribadian yang baik kepada anak sejak dini sampai dewasa. Sebagai unit terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pilar utama dalam pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Hal ini disampaikan Sekda Bone Bolango saat membuka kegiatan bimbingan teknis (bimtek) penguatan penyelenggaraan pendidikan keluarga pada satuan pendidikan di Kabupaten Bone Bolango, Rabu (29/3) malam.

Bimtek yang akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 29-31 Maret 2017 tersebut berlangsung di New Rahmat Hotel, Kota Gorontalo.

Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma mengatakan pendidikan yang utama untuk anak-anak generasi kita adalah pendidikan yang dimulai dari keluarga. Karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peran mendidik, menumbuhkan sifat-sifat kepribadian yang baik.

“Seorang anak akan menjadi warga masyarakat yang baik atau tidak, sangat tergantung pada sifat-sifat yang tumbuh dalam kehidupan keluarga dimana anak dibesarkan,” kata Sekda.

Selain faktor keluarga, ungkap Sekda Ishak Ntoma, tumbuh dan berkembangnya seorang anak, juga sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan masyarakat dan sekolah terutama dalam pembentukan karakter anak.

Olehnya, Sekda berharap kepada seluruh peserta bimtek agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap prilaku pendidik menyusun rencana pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan keluarga di sekolah masing-masing. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bone Bolango, Marni Nisabu menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya Bimtek tersebut diantaranya untuk meningkatkan jumlah dan mutu layanan pendidikan keluarga di masyarakat di wilayah Kabupaten Bone Bolango.

Pelaksanan Bimtek ini seluruhnya dibiayai oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas) Kemendikbud RI tahun 2017.

”Di Provinsi Gorontalo hanya dua kabupaten yang mendapatkan anggaran bimtek tersebut, yakni Bone Bolango dan Boalemo,” jelasnya.

Marni Nisabu menambahkan peserta bimtek berjumlah 60 orang, terdiri dari 15 peserta untuk PAUD, 15 peserta untuk SD dan sederajat, 7 peserta SMP sederajat, 7 peserta SMA/SMK sederajat, 1 peserta SLB, 5 peserta Pendiikan Non Formal (PNF), dan 10 peserta unsur pendidikan terkait. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir)