Ratusan Ribu Jamaah Akan Hadiri Haul Abah Guru Sekumpul

:


Oleh MC Banjar, Jumat, 24 Maret 2017 | 17:52 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Martapura, InfoPublik – Pelaksanaan haul ke-12 KH Muhammad Zaini bin H Abdul Ghani atau yang lebih akrab dengan sebutan Abah Guru Sekumpul, pada 2 April 2017, tinggal beberapa hari lagi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, jamaah yang hadir cukup banyak mencapai ratusan ribu orang.

Mereka yang datang tidak hanya berasal dari sejumlah daerah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan saja, namun sebagian juga ada yang berasal dari daerah lain di Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Jamaah haul ke-12 ulama kharistatik asal Kota Martapura Kabupaten Banjar tahun ini, diperkirakan bakal melebihi jumlah tahun sebelumnya. Untuk itu para jamaah yang akan hadir supaya menyiapkan diri terutama mengenai kesehatan dan diharapkan untuk mematuhi aturan dari aparat dan dari penyelenggara.

“Sebaiknya jamaah yang berasal dari Kota Martapura tidak usah menggunakan kendaraan, cukup berjalan kaki karena dekat. Ini akan membantu mengurangi kemacetan,” pinta Bupati Banjar H Khalilurrahman, saat memimpin rakor pemantapan pelaksanaan Haul ke-12 Guru Sekumpul, di Mahligai Sultan Adam, Rabu (23/3).

Rapat koordinasi yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Assisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Zainuddin ini, juga diikuti oleh sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemkab Banjar, perwakilan Polres Banjar, perwakilan Kodim 1006 Martapura, serta keluarga Abah Guru Sekumpul.

Pada rapat koordinasi yang sudah kesekian kalinya digelar ini, terungkap berbagai persiapan yang dilakukan oleh sejumlah SOPD terkait. serta panitia pelaksana haul. Persiapan dilakukan mulai dari penyiapan lahan parkir, pemasangan lampu penerangan, dapur umum, posko dan petugas kesehatan hingga bagaimana pengaturan arus lalu-lintas nantinya.

Bupati Banjar meminta agar SOPD nantinya all out dalam membantu penyelenggaraan pelaksanaan haul yang akan dilaksanakan pada 2 April mendatang.  Pemerintah Kabupaten Banjar siap mendukung kelancaran pelaksanaan Haul ke-12 Abah Guru Sekumpul.

“Saya juga meminta kepada seluruh SOPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar untuk All Out mendukung penuh pelaksanaan Haul tahun ini,” kata Bupati.

Kita juga telah berkoordinasi dengan Koordinator Relawan Pelaksana Haul, Pemerintah Kota Banjarbaru, Polda Kalsel, Polres Banjar, Kodim 1006/MTP, Polres Banjarbaru dan berbagai pihak terkait lainnya demi mendukung kelancaran pelaksanaan Haul yang ke-12 ini.

Bupati juga berpesan agar para jamaah menjaga ketertiban dan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tapi membuangnya di tempat-tempat sampah yang telah disediakan panitia  penyelenggara.

Pada rapat koordinasi ini perwakilan Polres Banjar juga menginformasikan bahwa pihak kepolisian daerah Kalimantan Selatan siap membantu kelancaran pelaksanaan haul. “Kapolda menyatakan bahwa Polda Kalsel akan memback up penuh acara haul Guru Sekumpul ini,” ujarnya. (MC-Kab.Banjar/bom/asep/toeb)