Pemkab Balangan Gelar Kegiatan PHBS Dengan Cuci Tangan Bersama

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Jumat, 17 Maret 2017 | 13:52 WIB - Redaktur: Kusnadi - 475


Paringin, InfoPublik – Pemkab Balangan menggelar kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan melakukan cuci tangan bersama dalam rangka peringatan hari jadi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke-43, di halaman kantor  Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, Jum’at (17/3).

Ketua pelaksana kegiatan, Rahmat Yusliansyah mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan ini selain untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, juga bagian dari rangkaian peringatan hari jadi PPNI yang dilaksanakan secara nasional.

Menurutnya, kegiatan gerakan cuci tangan bersama secara nasional ini untuk pemecahan rekor Muri PHBS.

“Tanggal 17 Maret memang selalu diperingati sebagai hari jadi Persatuan Perawat Indonesia, dan yang dilaksanakan ini merupakan program nasional organisasi profesi tentang bentuk pelaksanaan perayaan hari jadi PPNI yang ke-43 tahun ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya, perilaku hidup bersih dan sehat itu sangat banyak sekali, dan kegiatan cuci tangan merupakan sebagian kecil dari perilaku hidup bersih dan sehat, namun banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan yang sederhana ini.

“Setidaknya ada 10 penyakit yang bisa dicegah dengan cuci tangan, yakni amandel/tonsilitis, diare, ISPA, kecacingan, konjunctivitis, typhoid, disentri, infeksi kulit, jerawat dan bahkan Flu Burung,” ujarnya.

Oleh karenan itu, katanya, PPNI Kabupaten Balangan mengajak seluruh karyawan dan karyawati di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan untuk turut serta menjadi bagian dalam rangka pemecahan rekor Muri cuci tangan seluruh Indonesia ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Ir. H. Ruskariadi dalam  sambutannya, menyampaikan harapannya, semoga dengan peringatan  PPNI ini akan semakin meningkatkan kesatuan dan kebersamaan dalam memajukan kesehatan di seluruh Indonesia dan Kabupaten Balangan pada khususnya.

“Selamat Hari Jadi PPNI yang ke-43, jayalah perawat,” ujarnya. (Rie/Mc Balangan/kus)