Pendaftaran Calon Taruna Transportasi Dibuka Lagi

:


Oleh MC Kota Singkawang, Selasa, 7 Maret 2017 | 15:30 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Singkawang,  InfoPublik - Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)  Kementerian Perhubungan memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik untuk mengikuti seleksi calon taruna tahun ajaran 2017/2018, melalui mekanisme pola pembibitan. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Singkawang Sumastro mengatakan, Singkawang tahun 2017 kembali akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan melalui MKKS SMA dan SMK serta Badan Kepegawaian  dan Pengembangan SDM Kota Singkawang.

“Yaitu akan melakukan bimbingan belajar dan try out, dalam menghadapi seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Pola Pembibitan yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi,” kata Sumastro, di ruang kerjanya, Selasa (7/3).

Menurut Sumastro sesuai dengan Perjanjian Kerjasama antara Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dengan Pemkot Singkawang Nomor HK.201/XI/l/STTD-2015 dan 134.5/007/DISHUBKOMINFO yang ditanda tangani tanggal 17 November 2017, antara lain bahwa pemenuhan kebutuhan SDM di bidang perhubungan darat, akan dipenuhi melalui penyerapan alumni dan taruna yang melaksanakan pendidikan sebesar 35 orang dan tahun 2016 telah terserap 11 orang. 

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya di Bidang Perhubungan salah satu faktor penting adalah kualitas SDM.

Sehubungan dengan hal tersebut, kita sudah melakukan kerjasama dengan BPSDM melalui STTD Bekasi, 35 orang akan kita upayakan untuk dapat generasi penerus yang berkualitas. “Karena tahun kemarin sudah terjaring 11 orang, maka kuota kekurangannya ada 25 orang,” kata Sumastro. 

Ia menegaskan, bahwa untuk mensukseskan agar putra putri daerah Kota Singkawang dapat lulus seleksi sesuai yang diharapkan, diperlukan kerjasama semua pihak, kususnya kerjasama dalam menghadapi Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). 

Diharapkan ada kerjasama dengan para guru melalui MKKS, seperti yang sudah kita lakukan sebelumnya.  Kita sudah melakukan koordinasi dengan MKKS, diharapkan para sekolah dapat menyampaikan informasi awal siswa yang berminat untuk mengikuti seleksi, dan langkah selanjutnya kita akan bersama-sama melakukan bimbingan pada calon peserta. 

Sumastro menjelaskan bahwa pendaftaran peserta dilakukan melalui Portal Nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mulai tanggal 9 - 31 Maret 2017 dan Pengumuman Hasil Administrasi tanggal 17 April 2017. 

Untuk memudahkan dalam mengiventarisasi dan pmemantau calon peserta, calon pesera yang sudah mendaftar agar memberikan konfirmasi kepada Dinas Perhubungan.

“Untuk hal-hal yang kurang jelas, kami membuka desk pelayanan informasi, silakan masyaaat yang ingin informasi menghubungi kami baik langsung maupun tidak langsung,” kata Sumastro. (MC Singkawang/Di/toeb)