Wakil Walikota Palembang Kunjungi Penderita Hidrosefalus

:


Oleh MC Kota Palembang, Kamis, 16 Februari 2017 | 03:40 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 537


Palembang, InfoPublik - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda membesuk Muhammad Rayhan Saputra, 5 tahun, di rumahnya di Rusun Blok 19 Lantai I, Kelurahan 24 Ilir Kecamatan Bukit Kecil, Selasa (5/2).

Rayhan adalah penderita hidrosefalus (pembesaran kepala). Putra keempat dari pasangan Zainal dan Farida ini berjuang melawan hidrosefalus sejak usia 15 hari.

“Waktu lahir sehat. Tapi setelah dia kena demam tinggi, kesehatannya menurun. Kata dokter ada cairan di kepalanya,” kata Zainal.

Sekarang Rayhan berusia 5,5 tahun. Tapi, kondisinya belum membaik. Dia hanya bisa terbaring. Makannya juga hanya bisa makan susu yang dicampur nasi.

Zainal, menuturkan, Rayhan sudah empat kali dioperasi untuk membuang cairan di kepalanya.

“Sekarang setiap minggu kita masih berobat jalan untuk fisioterapi,” ujar Zainal.

Biaya berobat Rayhan sendiri, diakui Zainal memang cukup besar. Apalagi, Rayhan tidak bisa makan sembarangan. “Kita harus siap susu dan nasi untuk Rayhan.”

Anak Zainal dan Farida ada lima. Sehari-hari Zainal berkeliling menjual sate. Penghasilannya tidak menentu. “Tapi, saya akan lakukan apa saja asal supaya Rayhan sembuh,” kata Zainal.

Wawako Fitrianti Agustinda mengatakan Pemkot Palembang siap memfasilitasi Rayhan berobat. “Sekarang dia harus rutin difisioterapi,” ujar Fitrianti.

Di Rusun Blok 19 juga, Fitrianti menyambangi dan memberikan bantuan kepada Halimah, yang menderita lumpuh.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk membantu warganya yang membutuhkan. Ibu Halimah kita bawa langsung ke RSUD Bari untuk diobati,” kata Fitrianti. (Wahyu/Hidayatullah)