Batam Kini Miliki 216 Rumah Pangan Kita

:


Oleh MC Kota Batam, Jumat, 10 Februari 2017 | 08:18 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 548


Batam, InfoPublik- Kota Batam saat ini memiliki sedikitnya 216 rumah pangan kita (RPK). Jumlah tersebut bertambah dari 80 RPK pada pertengahan Desember 2016 lalu.

Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Batam, Gintoyono Batong mengatakan program RPK ini bertujuan untuk menstabilkan harga pasar beberapa komoditas pokok di daerah.

"Belum satu tahun sudah ada 216 rumah pangan kita di Batam. Ini keinginan pemerintah daerah untuk stabilkan harga pasar di daerah kita," kata Gintoyono dalam sosialisasi program kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah di Kantor Walikota Batam, awal pekan ini.

Pada kesempatan lain, Gintoyono mengatakan bahwa Pemerintah Kota Batam menargetkan 1.000 RPK ke depannya. Diharapkan nantinya ada satu RPK di tiap RW.Untuk mendaftarkan diri menjadi RPK tidaklah sulit. Waga cukup datang ke Badan Urusan Logistik (Bulog) dengan membawa surat keterangan domisili dari kelurahan. Setelah mendaftar, warga diberi banner sebagai penanda RPK.

Masyarakat sekitar kemudian bisa membeli komoditas pokok seperti beras di RPK tersebut. Harga jual di RPK lebih murah dari harga di pasar karena langsung dari Bulog, misalnya, harga beras premium di pasar Rp 13 ribu, di Bulog Rp 9.700, RPK bisa menjual dengan harga Rp 10 ribu per kilogram.

"Kita juga menyampaikan terimakasih kepada anggota dewan, Hendra Asman dan kawan-kawan, yang sudah ikut andil dalam penyediaan komoditas melalui Toko Tani yang memasarkan hasil pertanian lokal dengan harga murah sehingga ikut jaga harga pasar. Keberadaannya juga sempat tekan harga cabai dan bayam beberapa waktu lalu. Terima kasih sudah membantu pemerintah," ujarnya. (MC Batam Kartika/Eyv)