Proses Pengaduan Masyarakat Berbasis IT Dioptimalkan

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Jumat, 9 Desember 2016 | 19:07 WIB - Redaktur: Tobari - 569


Bone Bolango, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bertempat di ruang rapat Bupati, Jum’at (9/12).

Kepala Bagian Ekbang Setda Bone Bolango Lukman A. Daud menjelaskan kegiatan FGD ini sebagai tindaklanjut dan untuk memantapkan penyempurnaan standar operasional prosedur penangangan pengaduan penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemkab Bone Bolango berbasis IT, yakni lewat aplikasi Si Lancar (Sistem Layanan Pembangunan Cemerlang dan Aduan Rakyat).

”Aplikasi Si Lancar sendiri adalah media informasi online sebagai bagian implementasi modernisasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Bone Bolango, dengan membuka diri terhadap kritikan, masukan dan aduan yang berasal dari masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, lewat FGD ini, kita menyerahkan pengelolaan pelayanan pengaduan masyarakat yang selama ini dikelola oleh Bagian Ekbang ke Bagian Humas dan Protokoler Setda Bone Bolango.

Diharapkan setelah beralih ke Bagian Humas dan Protokoler, maka proses pelayanan pengaduan melalui aplikasi Si Lancar ini akan lebih dioptimalkan dan lebih baik lagi di tahun 2017 nanti.

”Jadi masyarakat ketika mengadukan sesuatu lewat aplikasi Si Lancar, itu akan cepat direspon oleh pemerintah daerah, melalui Bagian Humas dan Protokler yang selanjutnya diinformasi ke instansi teknis yang terkait dengan pengaduan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekbang Setda Bone Bolango Tanwir Ali memberikan respon positif terhadap pelaksanaan kegiatan FGD sekaligus pemindahan pengelolaan aduan masyarakat lewat aplikasi Si Lancar yang selama ini di Bagian Ekbang menjadi urusan dari Bagian Humas dan Protokoler mulai tahun 2017.

Kami tentu memberikan dukungan untuk Bagian Humas dan Protokoler sebagai penerima maupun pengelola aduan masyarakat, melalui aplikasi Si Lancar. Apalagi di OPD baru Setda Bone Bolango, yakni di Bagian Humas dan Protokoler, ada Sub Bagian Layanan Informasi dan Dokumentasi.

“Nah, Sub Bagian ini akan kita coba berdayakan kedepan sesuai Tupoksi-nya, untuk mengelola layanan informasi sekaligus pengaduan masyarakat,” katanya. (MC. Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)