Murid SDN 01 Gembira Jembatan Pasar Laban Diresmikan

:


Oleh MC Kota Padang, Jumat, 2 Desember 2016 | 17:29 WIB - Redaktur: Tobari - 667


Padang, InfoPublik - Jembatan di kawasan Pasar Laban,  SDN 01 Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab), yang roboh akibat banjir bandang tahun 2014 lalu, dibangun  kembali melalui dana CRS PT.Pertamina  bekerjasama dengan jajaran Komando Resort Militer (Korem) 032 Wirabraja. 

Alhamdulillah pembangunan jembatan SDN 01 tersebut,  berkat usulan Endre Syaiful  anggota MPR-RI Komisi VIII, pada Dirut PT.Pertamina di Pusat, telah rampung dikerjakan.

Hanya enam bulan dikerjakan jajaran Korem 032, kini diresmikan ditandai pengguntingan pita pada jembatan baru sepanjang 36 meter  oleh Endre Syaiful, yang sehari–hari akrab disapa haji Wen itu,   kata Wakil Walikota Padang Ir.H. Emzalmi, MS.i, Jum’at (2/12).

Kita bersama, khususnya warga Bungus, harus berterima kasih kepada Haji Wen, lai namuh batarimo kasih kapado anggota MPR-RI awak ko, tanya Wawako Emzalmi kepada masyarakat, spontanitas membalas laiiih.  Ba’a mangko baitu, buah itu kalau indak dijuluk ndak karareh do, mako dari itu awak basamo-samo batarimo kasih kapadonyo,” kata wakil Walikota Emzalmi kapado warga Bunguih.

Kini, jembatan di Pasar Laban sudah baru, murid-murid SD 01, tidak susah lagi untuk manyebarang ke sekolahnya. Patuik pulo basamo-samo batarimo kasih ka PT. Pertaminan melalui kepala CSR-nya.

Kemudian secara bersama-sama telah disaksikan penyerahan jembatan dari pihak  Korem 032/Wirabraja yang mengerjakannya kepada PT.Pertamina. Setelah itu, diserahkan lagi  Pada Pemerintah Kota Padang.

Maka jembatan pasar Laban SDN 01 ini menjadi aset Pemkot Padang yang dimanfaatkan masyarakat, “Untuk itu, kepada masyarakat harus menjaga jembatan baru ini, gunakanlah dengan sebaik-baiknya,” ucap Wawako Emzalmi.

Sedangkan Anggota MPR-RI komisi VII Endre Syaiful mengungkapkan kembali, dirinya ketika melihat murid SDN 01 menyeberang menggunakan perahu seadanya, bahaya dan memprihatinkan, langsung menemui Walikota Padang untuk meminta dan membuat proposal pembangunan jembatan pasar Laban ini.

Melalui Dinas PU Kota Padang satu hari selesai. Setelah dibawa ke Jakarta bertemu dengan Direktur PT. Pertamina Dwi Sucipto, dulu sempat bertugas selama 20 tahun di Kota Padang sebagai Dirut PT. Semen Padang, lalu disodorkan proposal tersebut kepadanya.

Alhamdulillah disetujui dan realisasikan pembangunan jembatan pasar Laban yang hari Jumat (2/12) ini, diresmikan pemakaiannya.

“Saya tak akan henti-hentinya mengusulkan kepada PT. Pertamina untuk memperhatikan kawasan Bungus Teluk Kabung ini, hal ini wajar karena depot Pertamina berada di Bungus ini,” tambah Haji Wen.

Pihak Korem 032/Wirabraja menyampaikan, panjang jembatan yang dibangun 36 meter, lebar badan jembatan 2,5 meter. Pembangunan dilakukan selama enam bulan, hingga selesai. Selama pembangunan jembatan tersebut, juga memanfaatkan beberapa warga setempat bekerja.  

Pembangunan sempat terhenti, lantaran kondisi alam, disamping hujan, banjir kembali terjadi, maka dari itu memakan waktu selama enam bulan. Kini tinggal dipergunakan warga dengan sebaik-baiknya. Kontruksi jembatan cukup kuat, sampai 40 meter dibenamkan betonnya. (MC Padang/Irwandi Rais/toeb)