30 Kelompok Tani Batam Pamerkan Hasil Panen Selama Sepekan

:


Oleh MC Kota Batam, Rabu, 23 November 2016 | 14:39 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Batam, InfoPublik  - Dinas Kelautan, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (KP2K) Batam memfasilitasi sedikitnya 30 kelompok tani memamerkan hasil produksinya selama sepekan di areal Mega Legenda Tahap II. Produk pertanian mulai dari sayuran, tanaman hias, maupun olahan ditawarkan dengan harga terjangkau.

Kepala Dinas KP2K Batam, Suhartini mengatakan, pameran produk hortikultura yang dilakukan ini merupakan yang pertama. Selama ini, pihaknya hanya mengikuti ragam kegiatan serupa, baik yang diadakan pihak kementerian maupun swasta.

“Ini mutlak acara Pemko. Ini merupakan sarana, ajang insan pertanian untuk unjuk prestasi,”ujar Suhartini, saat pembukaan pameran hortikultura, Rabu (23/11).

Diakui, selama ini porsi untuk pertanian belum lah begitu memadai. Padahal hasil pertanian merupakan sektor ketahanan pangan yang harus terus terpenuhi

Pameran ini diharapkan dapat memberikan hasil yang baik, khususnya bagi petani Batam. Masyarakat dapat bertransaksi dengan para petani hingga melakukan perjanjian langsung tanpa perantara.

“Hasil produksi pertanian kita sudah ada yang mendapat sertifikasi dari Dinkes ya. Ada juga bantuan pengembangan dari BI. Kita juga mendorong pengembangan pertanian organik,”ujar Suhartini.

Walikota Batam HM Rudi saat membuka acara tersebut menuturkan, salah satu masalah yang dihadapi petani Batam adalah kejelasan status lahan. Karena hak pengelolaan bukan ada di pemerintah daerah tentu pikiran para petani khawatir tergusur.

“Bapak ibu bekerja saja. Sambil pemerintah pikirkan nanti akan kita relokasi kemana para petani,”ujarnya.Rudi sendiri memastikan akan memindahkan seluruh petani Batam di suatu pulau. Pihaknya sudah meminta kepada SKPD terkait untuk mengkaji dan menentukan daerah mana yang cocok.

Saat acara, pemerintah juga memberikan bantuan berupa alat pertanian, seperti traktor, bibit dan lain sebagainya kepada para kelompok tani. (MC. Batam/Taslimahudin/Eyv)