10 Dusun Di Bone Bolango Raih Jawara Dusun Heroik 2016

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Senin, 17 Oktober 2016 | 19:23 WIB - Redaktur: Tobari - 589


Bone Bolango, InfoPublik – Sebanyak 10 dusun yang tersebar di 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Bone Bolango, ditetapkan menjadi jawara dalam penilaian lomba dusun/lingkungan Hijau, Elok, Religius, Organik, Indah dan Kondusif (Heroik) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2016.

Penetapan tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-Pemdes), melalui surat Keputusan Bupati Bone Bolango Nomor: 202/KEP/BUP.BB/119/2016 tentang penetapan peringat lomba dusun/lingkungan Heroik tahun 2016 .

Ke-10 dusun yang meraih dusun Heroik itu di antaranya Dusun II Desa Bonedaa Kecamatan Suwawa Selatan, Dusun III Desa Ayula Selatan Kecamatan Bulango Selatan, Dusun I Desa Tapadaa Kecamatan Suwawa Tengah, Dusun II Desa Ilomata Kecamatan Bulango Ulu, Dusun II Desa Tunas Jaya Kecamatan Bone Pantai.

Selanjutnya, Dusun I Desa Tingkohubu Kecamatan Suwawa, Dusun III Desa Bulotalangi Timur Kecamatan Bulango Timur, Dusun I Desa Dutohe Barat Kecamatan Kabila, Dusun II Desa Bilolantunga Kecamatan Bone, dan Dusun II Desa Tunggulo Selatan Kecamatan Tilongkabila.

Selain dusun Heroik, BPM-Pemdes juga menetapkan desa dan kelurahan hasil penilaian dan pemeringkatan perkembangan desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2016.

Untuk peringat I perkembangan desa tahun 2016 diraih Desa Tinemba Kecamatan Suwawa Timur. Sementara untuk tingkat kelurahan peringat I diraih oleh Kelurahan Tumbihe Kecamatan Kabila.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou usai menyerahkan piala, piagam penghargaan dan bonus disela-sela apel Korpri di Alun-Alun Bone Bolango, Senin (17/10), menegaskan bahwa penyerahan penghargaan dan hadiah untuk lomba Dusun Heroik tahun 2016, itu sebagai apresiasi Pemkab Bone Bolango  terhadap dusun-dusun berkinerja tinggi dalam rangka memajukan dusun atau desanya.

”Setiap dusun dapat piagam penghargaan plus dapat bonus sebesar Rp.5 juta setiap dusunnya,”ujar Bupati.

Begitu juga untuk desa dan kelurahan yang berkinerja tinggi. Ini menandakan atau memberi makna bahwa semua yang bekerja dan semua yang berprestasi pasti akan mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah.

”Apresiasi ini akan terus berlangsung dimasa-masa yang akan datang dengan hadiah yang lebih banyak lagi,”tegas Bupati Hamim Pou.

Bupati Hamim Pou menegaskan ini juga memberi pesan kepada Kepala Desa (Kades) dan Kepala Dusun (Kadus) yang tidak berkinerja atau kinerjanya rendah untuk memacu dan bergiat diri. Karena semua desa mendapatkan anggaran, tidak ada desa yang tidak mendapatkan anggaran dari pemerintah daerah.

“Maka alangkah tidak adilnya, mereka yang telah mendapatkan anggaran lebih dari cukup, tapi tidak menunjukan kinerja yang baik. Ini menjadi catatan bagi anda semua. Selamat untuk dusun-dusun Heroik, dan desa serta kelurahan yang berkinerja tinggi tahun 2016 ini,” kata Bupati Hamim Pou. (MC. Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)