Lomba Perahu Layar Tradisional Meriahkan Festival Pesona Teluk Tomini 2016

:


Oleh MC Kabupaten Parigi Moutong, Senin, 17 Oktober 2016 | 10:59 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Parigi, Info Publik –  Dalam rangka memeriahkan perayaan Festival Pesona Teluk Tomini pada 16-22 Oktober 2016 yang dipusatkan di Lokasi Eks Sail Tomini, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menggelar Lomba Perahu Layar Tradisional dengan garis star di Desa Moutong,  Kecamatan Moutong.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong, Privinsi Sulawesi Tengah, Sabarudin Killis, mengatakan, lomba perahu layar tradisional itu dijadwalkan akan melalui tujuh etape, masing-masing etape pertama akan singgah di Kecamatan Ongka Malino, kemudian Kecamatan Tomoni, Kecamatan Tinombo, Kecamatan Tinombo Selatan, Kecamatan Kasimbar, Kecamatan Siniu serta finis di lokasi Eks Sail Tomini yang menjadi pusat kegiatan Festival Pesona Teluk Tomini dirayakan.

Sementara itu, jumlah peserta yang mengikuti lomba bahari Perahu Layar Tradisional sekira 22 peserta, yakni dari sejumlah perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemkab Parigi Moutong serta beberapa kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

Menurutnya, tujuan lomba tersebut mengajak masyarakat untuk mengenal potensi wilayah Teluk Tomini yang diharapkan kedepannya menjadi potensi yang bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat diwilayah pesisir Kabupaten Parigi Moutong.

“Lomba bahari perahu layar tradisional ini juga sebagai ajang pengembangan potensi dan kecintaan masyarkat pada olahraga bahari khusus perahu layar,” ungkap Sabarudin.

Ia menambahkan, kegiatan itu merupakan agenda tahunan di Kabupaten Parigi Moutong. (MC Parigi Moutong/Ardiansyah/Kus)