Rakor Sinkronisasi Dan Harmonisasi DAK Merupakan Arah Dari Nawacita

:


Oleh MC Kabupaten Sorong, Kamis, 29 September 2016 | 09:05 WIB - Redaktur: Tobari - 588


Sorong, InfoPublik – Rapat koordinasi (Rakor) sinkronisasi dan harmonisasi dalam rangka menyusun berbagai usulan DAK (dana alokasi khusus) yang memang menjadi prioritas daerah,  dan sekaligus juga merupakan arah dari Nawacita, ujar Kepala Bappeda Papua Barat Drs. Ishak Hallatu, M.Si di Aimas, Rabu (28/9).

Hal ini  akan terkait dengan arah kebijakan nasional  dan berbagai masalah proiritas yang di daerah, katanya.

Misalnya kita bicara DAK Afirmasi yang ditujukan kepada daerah-daerah terpencil, baik pembangunan jalan, jembatan, perumahan, sanitasi, air bersih, dan lain-lain.

Dengan demikian orang tidak melihat penggunaan  alokasi DAK ini tidak semata-semata tertuju kepada keinginannya sendiri merupakan tujuan dari kegiatan Rakor ini.

Dari sejumlah kegiatan yang diusulkan berupa analisa fiscal yang dibuatkan Kementerian Keuangan tentang PAGU kalau sudah sinkron itu baru dikembalikan ke daerah untuk dimasukan di APBD 2017, jelas Hallatu.

“Inti dari pengelolaan DAK bentuk fisik bisa kita lihat dari keterisolasian wilayah, ada rendahnya pendidikan, kurangnya pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar, seperti kebutuhan akan listrik, air bersih menjadi sasaran utama dari alokasi DAK itu sendiri,” tambahnya. (MC.Sorong/rim/toeb)