Bupati Sidoarjo Buka Lomba Kompetensi Siswa SMK

:


Oleh MC Kabupaten Sidoarjo, Rabu, 14 September 2016 | 16:09 WIB - Redaktur: Tobari - 469


Sidoarjo, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, melalui Dinas Pendidikan, mengelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK, yang pelaksanaannya dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Rabu (14/9). Kegiatan akan berlangsung dari 15 sampai 17 September 2016.

Bupati H. Saiful Ilah menyambut baik terlaksananya kegiatan tersebut. Kegiatan seperti ini dapat sebagai sarana promosi potensi siswa SMK kepada dunia usaha dan industri. Kabupaten Sidoarjo mempunyai cukup banyak SMK, dan ini sejalan dengan upaya menjadikan Kabupaten Sidoarjo menjadi kabupaten vokasi. 

“Kabupaten vokasi ini kita canangkan karena di Kabupaten Sidoarjo mempunyai industri yang sangat banyak, baik industri berskala besar, industri menengah, maupun industri kecil atau unit usaha,” ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, ia berharap kegiatan LKS dapat terus berlanjut. Kedepan diharapkan kegiatan tersebut lebih banyak melibatkan mitra industry, sehingga akan tercipta sumber daya manusia yang memiliki kompetensi. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Drs. Mustain Baladan M.Pd mengatakan ada 78 SMK negeri maupun swasta yang mengikuti LKS tahun ini. Ada 16 SMK yang menjadi tempat LKS. 

Masing-masing tempat  sesuai bidang lomba. Seperti bidang automobile teknologi yang diikuti oleh 9 SMK di selenggarakan di SMK Negeri 3 Buduran. Sedangkan pada bidang produksi mesin yang diikuti oleh 10 SMK diselenggarakan di SMK YPM 8 Sidoarjo. 

Ia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan citra SMK melalui unjuk kemampuan dan kompetensi siswa di bidang kejuruan. Dengan begitu citra dan kepercayaan masyarakat terhadap SMK dapat terus meningkat.

Ia juga mengatakan melalui kegiatan tersebut akan dipilih duta LKS Kabupaten Sidoarjo. Duta LKS tersebut nantinya diikutsertakan pada kegiatan serupa di tingkat provinsi maupun nasional. Apabila duta LKS Kabupaten Sidoarjo berprestasi di tingkat tersebut maka akan terpilih sebagai duta LKS tingkat provinsi maupun nasional. 

Sementara itu Kepala Seksi Sarana Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Drs. Soekarno MM mengatakan, kegiatan LKS adalah ajang bergengsi. Bahkan tiap tahun Kementerian Pendidikan R.I menyelenggarakannya.

Tahun ini (2016), prestasi membanggakan diraih SMK di Jawa Timur pada ajang LKS SMK tingkat nasional. Jawa Timur dinobatkan sebagai juara umum pada LKS SMK tingkat nasional kemarin.

“Pada tahun 2016 ini, SMK di Jawa Timur berkat dukungan, bimbingan jajaran pemerintah kabupaten kota, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dapat merebut juara umum di tingkat nasional,” ujarnya.    

Soekarno juga mengatakan LKS Provinsi Jawa Timur akan dilaksanakan di Kabupaten Nganjuk, pada bulan Oktober tanggal 24-27. Ada 49 bidang lomba yang dapat diikuti oleh SMK negeri maupun swasta. Untuk itu, ia berharap kegiatan LKS SMK di Kabupaten Sidoarjo dapat menjadi jembatan prestasi ditingkat provinsi. 

Ia juga menyampaikan prestasi siswa SMK di Kabupaten Sidoarjo patut diancungi jempol. Dalam tiga tahun terakhir ini, torehan prestasi bagi Provinsi Jawa Timur dilakukan oleh SMK di Kabupaten Sidoarjo. Baik torehan prestasi pada kegiatan LKS tingkat nasional maupun dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). 

“Yang terakhir adalah O2SN, dua medali emas langsung disumbangkan oleh SMK di Kabupaten Sidoarjo,”ujarnya. 

Untuk itu, ia meminta kepada peserta LKS untuk dapat mempergunakan kesempatan kegiatan LKS dengan baik. Ia berharap siswa-siswi SMK dapat menunjukkan kemampuan dan skil yang diperoleh di sekolah.

“Tolong fokus untuk mengikuti kegiatan ini supaya adik-adik juga bisa nanti kita bawa ke ajang tingkat nasional, bahkan ke ASEAN skill maupun word skill tingkat internasional,”pesannya. (humas/git/toeb)