Karanganyar Tuan Rumah Peringatan Hari Pramuka ke-55

:


Oleh MC Kabupaten Karanganyar, Jumat, 9 September 2016 | 06:02 WIB - Redaktur: Tobari - 589


Karanganyar, InfoPublik - Kabupaten Karanganyar menjadi tuan rumah pada peringatan Hari Pramuka ke-55 Tingkat Jawa Tengah, yang dipusatkan di lapangan Bangsri, Kecamatan Karangpandan, Kamis (8/9) pagi.

Tampak hadir pada peringatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Budi Prayitno, Mabicab dan Ketua Kwarcab Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, Bupati Karanganyar Juliyatmono, dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo.

Bupati Karanganyar juga mendapatkan penghargaan Lencana Karya Bhakti sebagai Ketua Mabicab Karanganyar. Sedangakan Wakil Bupati Karanganyar mendapatkan Lencana Melati sebagai Ketua Harian Mabicab Karanganyar dari Kwarda Jawa Tengah.

Pada saat memberikan sambutan, Gubernur Jawa Tengah mengakui bahwa pramuka sebagai organisasi yang tetap konsen dalam pendidikan karakter, dengan berbagai cara, metode, sistem yang diberlakukan dan bertumpu pada kode kehormatan melalui satya dan dharma pramuka, karakter anak-anak bisa terbentuk.

Contohya pada Estafet Tunas Kelapa (ETK)  dalam prakteknya anak-anak peserta didik berbaris sekitar lima kilometer, sebagian membawa bendera merah putih dan tunas kelapa. “Pada ETK kali ini teks pesan saya selaku Kamabida, bendera morse dan lainnya, semua diarak dengan baik,” kata Ganjar Pranowo.

Disiplin menjadi roh peserta didik pramuka di Jawa Tengah. Gubernur meminta tolong, agar ditingkatkan dan digelorakan, tidak hanya anggota pramuka namun juga masyarakat Jawa Tengah untuk ditulari hal yang baik dan kebaikan.

“Gerakan pramuka menjadi magnit yang luar biasa dan tingkatkan, maksimalkan, maka akan memberdayakan masyarakat yang kreatif,” katanya.

Sementara itu ditempat yang sama, Bupati Karanganyar mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Karanganyar menjadi tuan rumah peringatan Hari Pramuka pada tahun ini.

“Saya laporkan juga kepada Gubernur, pada peringatan ini ditanam sebanyak 9.999 tunas kelapa, untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke-99, dan pada tahun 2017 akan diadakan Kemah Bhakti  selama 360 hari,” katanya. 

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah juga memberikan bantuan bedah rumah sebanyak 50 rumah, dan dari Baznas Karanganyar sebanyak 10 rumah dengan masing-masing bantuan Rp10 juta, keseluruhan tersebar di Kabupaten Karanganyar. (mc karanganyar/pd/toeb)