Kampus Akademi Komunitas Dibangun di Sungai Limau

:


Oleh MC Kabupaten Padang Pariaman, Kamis, 8 September 2016 | 10:43 WIB - Redaktur: Tobari - 963


Sungai Limau, InfoPublik - Dirjen Kelembagaan Iptek dan Perguruan Tinggi Kemenristek Patdono Suwignjo, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan Wakil Ketua DPRD Padang Pariaman, meletakan batu pertama pembangunan kampus Akademi Komunitas UNP Padang Pariaman, Kamis (1/9) pagi.

Kampus Akademi Komunitas UNP Padang Pariaman akan dibangun di atas lahan yang dihibahkan alm Hj Umi Kalsum di Korong Sungai Sirah Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau, yang nantinya akan membuka bidang studi teknik eletronika dan perhotelan.

Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, pembangunan kampus Akademi Komunitas (Akom) merupakan bentuk dukungan dan komitmen Pemda Padang Pariaman memajukan sektor pendidikan.

"Ini bentuk komitmen kita memajukan sektor pendidikan di Padang Pariaman, melalui kerjasama dengan seluruh pihak. Langkah ini menjadi awal upaya tersebut, namun harus didukung seluruh eleman," kata Wabup Suhatri.

Dikatakannya, dipilihnya Nagari Pilubang sebagai lokasi pembangunan kampus tidak terlepas dari keinginan pemerataan pembangunan dan perekonomian di wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Selain itu, posisi Nagari Pilubang yang terletak di bagian Utara Kabupaten Padang Pariaman serta dekat dengan beberapa kabupaten lain di Sumatera Barat, menjadikan kampus ini nantinya idola bagi tamatan SMA di Sumatera Barat.

"Nanti, putra terbaik lulusan SMA tidak jauh-jauh lagi untuk kuliah, bagi yang berada kabupaten bagian utara Sumatera Barat akan lebih dekat jika "ngampus" di sini," urainya.

Selain pembangunan infrastruktur pendidikan seperti sekolah, kampus dan diklat, sebagai bentuk komitmen Padang Pariaman mencapai visi Padang Pariaman Cerdas, Pemda Padang Pariaman bersama Baznas Padang Pariaman juga menyalurkan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa seluruh tingkatan.

Langkah itu merupakan upaya peningkatan SDM melalui pendidikan yang dilakukan Pemda Padang Pariaman.

Pada kesempatan ini kami sampaikan juga bahwa kita juga telah menyediakan lahan seluas 697 hektare untuk pembangunan strategis khususnya sektor pendidikan tinggi, seperti kampus Poli Teknik Negeri Padang, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, dan untuk Rumah Sakit Vertikal.

“Lahan tersebut diberikan tanpa ganti rugi yang berlokasi di dekat kawasan objek wisata Lubuk Bonta, Kepala Hilalang, Kec. 2x11 Kayu Tanam,” tambahnya.

Sementara itu tokoh masyarakat Nagari Pilubang, Tri Suryadi, mengatakan, pembangunan kampus tersebut akan memberikan "multiplayer effect" bagi Nagari Pilubang dan kawasan sekitar.

Pembangunan kampus akan merangsang tumbuhnya peluang ekonomi baru di kawasan Nagari Pilubang. Dengan adanya kampus akan diikuti dengan kebutuhan fasilitas penunjang seperti rumah kos-kosan mahasiswa, rumah makan, tokoh ATK dan peluang ekonomi lain.

Tri yang merupakan anggota DPRD Padang Pariaman itu mengusulkan kepada Dirjen DIKTI agar membuka program studi bidang Kelautan dan Perikanan di kampus Akom.

"Karena daerah kita adalah daerah pesisir, salah satu potensinya adalah di bidang kemaritiman, tentu kita harapkan agar bidang keahlian bidang kelautan dan perikanan agar diadakan, sehingga putra daerah dan potensi kemaritiman dapat kita kembangkan," katanya.

Menganggapi usulan tokoh masyarakat Nagari Pilubang agar dibentuknya bidang studi perikanan dan kelautan di kampus tersebut, Dirjen Kelembagaan Iptek dan Perguruan Tinggi Kemenristek Patdono Suwignjo mengatakan bahwa pihaknya akan mengkaji usulan tokoh masyarakat itu.

Dikatakanya, jika melihat potensi kemaritiman yang ada di sepanjang wilayah Padang Pariaman, peluang dibentuknya program pendidikan bidang itu bisa saja dilakukan.

"Tentu harus kami lakukan pengkajian terlebih dahulu, jika dilihat dari demografi Sungai Limau terletak di pesisir tentu peluang itu ada," katanya.

Keberadaan kampus Akom nantinya akan memberikan banyak dampak bagi kawasan sekitar, tentunya dapat menampung putra Padang Pariaman agar dapat menikmati pendidikan di kampus itu. (MC Padang Pariaman/toeb)