KPU Kabupaten Kuningan Paparkan Persiapan Pilkada 2018

:


Oleh MC Kabupaten Kuningan, Rabu, 7 September 2016 | 08:53 WIB - Redaktur: Tobari - 765


Kuningan, InfoPublik – Ketua KPU Kab.Kuningan Hj.Heni Susilawati, S.Sos., MM mengemukakan bahwa media memiliki peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Antara lain membantu KPU dalam menyebarluaskan informasi Kepemiluan (sosialisasi),” katanya dalam Media Gathering, yang berlangsung di Aula KPU Kabupaten Kuningan, Selasa (9/8).

Selain itu, media juga berperan sebagai referensi utama publik soal kepemiluan, update informasi terkait dengan kondisi di lapangan, quick response dari masyarakat terakit regulasi/kebijakan yang dikeluarkan KPU, mengontrol penyelenggara dan penyelenggaraan Pemilu di semua tingkatan.

Melalui acara yang bertema Persiapan KPU Kabupaten Kuningan dalam Penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 tersebut, Heni menjelaskan beberapa aspek persiapan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Kuningan, yaitu persiapan anggaran, sumber daya manusia, dan kegiatan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Kuningan sebagai persiapan menuju Pilkada 2018.

Di hadapan sejumlah awak media yang terdiri dari media cetak, elektronik dan media online di Kabupaten Kuningan, Ketua KPU memaparkan persiapan anggaran Pilkada Kuningan yang sudah ditetapkan melalui Perda Nomor 17 Tahun 2015 tentang Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan sebesar Rp23 miliar.

Sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada Bupati dan wakil Bupati Kuningan yang akan digelar pada Juni 2018, dikatakan Heni adanya potensi pendanaan bersama antara Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, karena pada Juni 2018 akan dilaksanakan Pilkada serentak di 16 kabupaten/kota di Jawa Barat serta Pemilihan Gubernur dan Wakil  Gubernur Jawa Barat.

“Soal potensi pendanaan bersama ada, namun sayangnya sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai biaya apa saja yang dibiayai dari Provinsi Jawa Barat,” kata Heni.

Usai pemaparan, dalam kesempatan tersebut Heni juga turut memperkenalkan para komisioner dengan divisinya masing-masing.

Tugas-tugas divisi itu, Asep Z. Fawzi membidangi divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Dadan Hamdani Divisi Teknis, Perencanaan dan Data, Agus Ismail Yaqub Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, dan Jajang Arifin Divisi Hukum.

“Pembagian divisi itu telah melalui rapat pleno yang dilakukan hari Senin 8 Agustus 2016 dan dihadiri oleh seluruh komisioner,” paparnya.

Heni menegaskan,  sesuai dengan ketentuan UU Nomor 10 Tahun 2016 para Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang memiliki akhir masa jabatan tahun 2018, penyelenggaraan Pilkada-nya akan dilaksanakan bulan Juni 2018. Hal tersebut sekaligus menepis informasi yang berkembang di tengah masyarakat bahwa Pilkada Kuningan akan dimajukan tahun 2017.

“Berbagai persiapan terus kami lakukan, besar harapan kami penyelenggaraan Pilkada Tahun 2018 bisa terlaksana dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi. Dan tentu ini memerlukan bantuan, dukungan dan kerja sama semua pihak termasuk dari kawan-kawan media di Kabupaten Kuningan,” katanya. (MC Kuningan/Yudi/toeb)