Satgas Karlahut Riau Datangkan Pesawat Cassa Untuk Modifikasi Cuaca

:


Oleh Prov. Riau, Selasa, 30 Agustus 2016 | 18:24 WIB - Redaktur: Tobari - 406


Pekanbaru, InfoPublik - Satuan Tugas panggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) Riau kembali kedatangan armada tambahan satu unit Casa 212 A2107 untuk modifikasi cuaca, Selasa (30/8).

Demikian diungkapkan Komandan Satgas Udara (Dansatgasud) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Henri Alfiandi kepada sejumlah media. "Lanud sudah datangkan Casa 212 A2107 untuk TMC," ujarnya, Selasa (30/8).

Dengan kedatangan pesawat Cassa ini, diharapkan bisa membantu Satgas dalam melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca. (TMC). "Kalau bisa siang ini langsung kita operasikan untuk TMC," katanya.

Sementara Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan, selain TMC Satgas juga tetap mengoperasikan dua helikopter untuk melakukan waterbombing di lahan yang mengalami kebakaran. "Dua heli dan air tractor tetap kita siagakan untuk pemadaman titik api," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Satgas Karlahut Riau sudah diperkuat tiga heli MI -8, MI-171 serta Bolcow. Selain itu, Satgas juga dibekali dua pesawat air tractor untuk pemadaman kebakaran lahan.(MC Riau/yan/toeb)