Pemkot Pariaman Gelar Takbir Akbar Di Simpang Tabuik

:


Oleh MC Kota Pariaman, Rabu, 6 Juli 2016 | 14:55 WIB - Redaktur: Tobari - 495


Pariaman, InfoPublik - Pemkot Pariaman bersama umat islam Kota Pariaman mengadakan Takbir Akbar dalam rangka menyambut datangnya Hari Kemenangan, yaitu 1 Syawal 1437 H, di Kawasan Simpang Tugu Tabuik Kota Pariaman, Selasa (5/7) malam.

Takbir Akbar tersebut dihadiri oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman didampingi Ny. Reni Mukhlis, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Ny. Lucy Genius, Sekdako Pariaman Armen Azharie didampingi Ny. Afnee R Saleh, Pimpinan DPRD Kota Pariaman, Forkopimda, camat se-Kota Pariaman.

Takbir akbar tersebut disemarakkan dengan pawai obor dengan peserta siswa-siswi sekolah se-Kota Pariaman, dengan penceramah Buya Jauhar Muis yang merupakan ketua MUI Kota Pariaman.

Acara yang dibuka oleh Walikota Mukhlis Rahman dengan pemukulan beduk bersama-sama dan langsung mengundang simpatik dari warga sekitar yang hendak melakukan takbiran, karena takbiran tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk konvoi keliling Kota Pariaman demi mengurangi resiko Kecelakaan dalam berlalu-lintas.

Dalam sambutannya, Wako Pariaman menyampaikan ucapan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H bagi semua warga Kota Pariaman khususnya dan umat muslim dunia apada umumnya, dimana momentum idul fitri ini hendaknya dijadikan peningkatan pembangunan di segala sektor bidang kehidupan.

“Terutama agama dan pemerintahan serta melatih diri dari hal negatif yang merupakan kegagalan dimasa lalu sebagai tempaan untuk diri perubahan akhlak di masa yang akan dating,” katanya.

Wako juga mengimbau dan mengajak warga untuk meningkatkan apa yang kita perjuangkan selama sebulan penuh berpuasa, karena salah satu sudut pandang mengenai Ramadhan tidak terlepas dari bulan latihan, melatih diri untuk semakin dekat dengan Allah SWT.

Dan Malam takbiran adalah malam yang penuh cahaya Illahi, yang mana pada malam ini, Allah kembali menyempurnakan keberkahan-Nya untuk orang-orang beriman, yang telah selesai menunaikan ibadah puasa.

“Malam takbiran ini, akan menyempurnakan kebahagiaan kita dan sekaligus menjadi sumber inspirasi bagi umat Islam, dalam menjalani perjuangan di hari-hari yang akan datang,” kata Mukhlis.

Takbiran ditutup dengan penyampaian tausiah dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Buya Jauhar Muis.

Sementara itu, Ketua PHBI Kota Pariaman yang juga Kepala Kemenag Kota Pariaman, Helmi, mengatakan kesiapan pelaksanaan sholat idul fitri di hari Rabu (6/7) sudah mencapai 85% yang pelaksanaannya sesuai dengan hasil sidang Kementrian Agama RI. (phaik/toeb)