Bupati Banjar : Manfaatkan Internet Dengan Baik Dan Positif

:


Oleh MC Banjar, Sabtu, 2 Juli 2016 | 21:36 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 348


Banjar, InfoPublik - Sebanyak 1700 orang peserta mengikuti kegiatan pelatihan Komputer dan Internet Dasar yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Banjar, Jum’at (1/7) di Perpustakaan Umum Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Khalilurrahman dalam sambutannya mengatakan, ia menyambut gembira dengan dilaksanakannya Pelatihan Komputer dan Internet bagi masyarakat ini.

Ia pun bangga karena peserta pelatihan komputer dan internet ini mencapai sekitar 1.700 orang. “Jumlah ini sangat fantastik,” ucapnya kagum. Ini menunjukkan besarnya minat masyarakat Kabupaten Banjar mempelajari teknologi, mulai dari santri, guru, pegawai, anak-anak putus sekolah, anak-anak yatim, aparatur desa dan lain-lain.

Mantan pimpinan Pondok Pesantren Darussalam ini juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Banjar telah melakukan kerjasama bersama PerpuSeru dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) didukung Bill & Melinda Gates Foundation di Nusa Dua Bali. Komitmen kerjasama itu yaitu menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup.

H Khalilurrahman berharap, dengan adanya program Perpustakaan Seru serta pelatihan komputer dan internet ini, semakin memperkuat peranan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat yang terbuka, mudah dijangkau, kreatif dan mengembangkan perpustakaan berbasis teknologi informasi yang melibatkan masyarakat serta meningkatkan pelayanan komputer dan internet, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari layanan perpustakaan di Kabupaten Banjar.

Lebih jauh ia menjelaskan, saat ini zaman semakin maju, segala aktivitas bisa dilakukan lewat internet seperti e-Planning, e-Budgeting, e-Procurement, e-Controlling dan sebagainya. Karena itu seyogyanya masyarakat menguasai komputer dan bisa memanfaatkan internet. Apalagi saat ini smartphone dan HP  semakin canggih. Pemerintah Kabupaten Banjar telah menyediakan fasilitas wifi gratis di lingkungan kantor Pemkab Banjar, yang bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat kapan saja.

Ia juga berpesan kepada semuanya, agar memanfaatkan internet, untuk hal-hal yang baik dan positif dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai internet digunakan untuk hal-hal yang sia-sia dan mendatangkan mudarat.

Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Banjar Musikatik, selaku panitia pelaksana kegiatan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan pelatihan Komputer dan Internet Dasar ini merupakan rangkaian pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi.

Masyarakat umum yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari anak-anak putus sekolah, anak yatim, santri, karyawan, pelaku UMKM, pemuda dan kaum perempuan, dan sampai saat ini sudah terdaftar sebanyak 1700 orang peserta.

Adapun instruktur atau narasumber dari staf kantor Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Banjar yang sudah mendapat pelatihan melalui program Perpuseru. Bagi yang sudah mengikuti pelatihan sesuai dengan standar, akan diberikan sertifikat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Hum/syadi/afuz/Mcbanjar/zay/eyv)