Tim PUPR Bakal Diturunkan Cek Kemanfaatan Long Stroge

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Selasa, 21 Juni 2016 | 09:46 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 367


Merauke, InfoPublik -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menurunkan Tim  untuk melakukan  pemanfaatan Long Stroge atau saluran air yang sudah dibangun selama ini, apakah  long stroge tersebut seluruhnya sudah dimanfaatkan atau belum.  

Sebab, total long stroge  yang sudah dibangun di Kabupaten Merauke dalam rangka mendukung  Merauke sebagai lumbung pangan nasional  sepanjang 525  km.  

‘’Kita akan turunkan tim ke lapangan untuk mengecek pemanfaatan dari long stroge yang sudah kita bangun selama ini,’’ kata Kepala Balitbang Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Arie  Moerwanto, saat melakukan pertemuan lanjutan dengan Bupati Merauke di ruang Rapat Bappeda, Kamis Malam, (16/6).

Menurut  Arie, pengecekan   long stroge ini perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana pemanfaatan dari saluran air yang dibangun tersebut. Sebab, untuk membangunnya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. ‘’Tidak dibebankan kepada petani  untuk membangunnya karena membutuhkan anggaran yang tidak sedikit,’’ terangnya.

Selain itu, jelas Arie Moerwanto, perlu koordinasi dengan pihak Pertanian mana-mana lahan yang akan dibuka untuk pembukaan sawah baru sehingga  pembangunan long stroge berikutnya bisa terarah. Jangan sampai membangun jaringan di daerah yang belum dimanfaatkan.

‘’Kasihan kalau sudah dibangun  tapi ternyata belum dimanfaatkan, sementara  anggaran yang digunakan tidak sedikit,’’ katanya. Pada kesempatan tersebut, Arie Moerwanto juga menjelaskan,  perlunya  restorasi untuk Rawa Biru yang selama ini menjadi  sumber  air bagi  warga Kota Merauke.

Hanya saja untuk restorasi  Rawa Biru  ini perlu koordinasi yang baik  karena berada dalam kawasan Taman Nasional Wasur yang  tidak memperolehkan adanya kegiatan di dalam kawasan taman nasional tersebut.  Pada kesempatan tersebut, Bupati Merauke Frederikus Gebze menyerahkan usulan program dari Pemerintah Kabupaten Merauke untuk bidang  PUPR di Kabupaten Merauke.  (02/mc/mrk/Abd/Eyv)