Kembangkan Pertanian di Pulau, Pemko Siapkan Beasiswa di IPB

:


Oleh MC Kota Batam, Selasa, 14 Juni 2016 | 12:29 WIB - Redaktur: Kusnadi - 368


Batam, InfoPublik – Pemerintah Kota Batam akan mengembangkan pertanian di pulau untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal. Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan nantinya akan dipilih satu pulau khusus untuk pengembangan pertanian ini.

"Kita akan buka ladang pertanian di Batam sehingga kebutuhan pangan tak perlu ambil dari Sumbar atau Medan," kata Rudi saat safari Ramadhan di Kecamatan Belakangpadang akhir pekan lalu.

Selain menyiapkan lahan di pulau, Pemerintah Kota Batam juga akan melakukan persiapan dari segi sumber daya manusia. Satu di antaranya yaitu dengan memberikan beasiswa bagi anak-anak Batam yang kuliah di Institut Pertanian Bogor.

Beasiswa diberikan khususnya bagi calon mahasiswa yang diterima di IPB melalui jalur undangan. Artinya calon mahasiswa tersebut diterima di IPB tanpa melalui tes seperti jalur umum.

IPB ini merupakan satu dari lima perguruan tinggi yang dipilih Batam untuk program beasiswa tersebut. Pemko menyediakan anggaran untuk 60 anak yang berhasil lulus di lima perguruan tinggi ternama tanpa melalui tes.

"IPB ini juga perlu, karena kita akan buka ladang pertanian di Batam," sebut Rudi.

Mahasiswa yang akan menerima beasiswa ini nantinya akan diminta buat perjanjian. Bunyi perjanjiannya yaitu setelah lulus harus kembali ke Batam untuk membangun Batam sesuai bidang keahlian dan pendidikannya tersebut.

"Saya ingin mengkader pegawai ini dengan anak yang pintar-pintar semua," ujarnya.(Mc Kota Batam/Kus)