BPTJ Lakukan Pengecekan Langsung ke Terminal

:


Oleh Dian Thenniarti, Selasa, 7 Juni 2016 | 23:04 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 186


Jakarta, InfoPublik - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Elly Adriani Sinaga pada Senin (6/6) membuktikan ucapannya dengan memantau langsung ke lapangan penerapan kesepakatan komitmen bersama untuk melakukan perbaikan Terminal tipe A di Jabodetabek guna meningkatkan pelayanan dan keselamatan pengguna jalan selama masa angkutan Lebaran 2016.

Penandatanganan komitmen bersama itu mencakup unsur kesiapan pengemudi, kendaraan, fasilitas pelayanan terminal kepada penumpang dan awak kendaraan sesuai dengan Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 40 tahun 2015.

Adapun hal-hal yang diperiksa adalah kesiapan armada, sistem penerangan kendaraan, kondisi ban, roda alat kemudi, komponen pendukung, perlengkapan kendaraan bermotor, tanggap darurat dan bagian badan kendaraan.

Terminal yang didatangi untuk di cek adalah Terminal Kalideras. Salah satu bus yang diperiksa bus Sahabat jurusan Cirebon terpaksa harus menurunkan kembali para penumpang dan barang bawaannya karena bus tersebut tidak laik jalan.

"Bus tersebut harus tidak berangkat karena sangat membahayakan penumpang. Tidak ada alat-alat keselamatan, kaca pecah, dan yang fatal yaitu bannya tidak sehat. Ada mur yang patah," kata Elly, Senin (6/6).  

"Jadi ya kondisi kendaraan secara keseluruhan sampai pada seperti pengukur kecepatan dan spion, wiper, klakson, sabuk pengaman, ban cadangan, bagian tanggap darurat semua akan dicek. Untuk angkutan umum ini harus zero accident, karenanya akan di cek kesiapan armada angkutan dengan baik,” tegas Elly.

Selain pengecekan langsung, penerapan kesepakatan di terminal, BPTJ mulai Senin 6 Juni hingga 24 Juni ini juga melakukan aksi ramp check di sepuluh terminal guna memastikan keselamatan angkutan Lebaran 2016.

Aksi ramp check direncanakan akan berlangsung di sepuluh terminal utama angkutan lebaran, yaitu Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogadung, Terminal Bekasi, Terminal Baranangsiang, Terminal Depok, Terminal Rawamangun, Terminal Poris Plawad, Terminal Pulo Gebang, dan Terminal Pondok Cabe.

Aksi ramp check ini juga akan ke area pool-pool bus pariwisata yang armadanya akan dipergunakan untuk angkutan lebaran.  

"Saya mau ramp check ini dilakukan serius, tidak sampling. Bus yang akan diperiksa oleh BPTJ adalah bus AKAP saja," ujarnya.

Hasil Ramp Check hingga pukul 14.00 WIB di Pulo Gadung: dari 55 bus yang diperiksa hanya 3 bus yang laik jalan. Di Kampung Rambutan hingga pukul 13.00 WIB, dari 22 armada bus yang dicek, 2 laik uji, 20 armada lainnya butuh perbaikan. Di Terminal Kalideres hingga pukul 14.00 WIB, dari 30 bus yang diperiksa, hanya 3 yang laik.

Pengecekan kesiapan pengemudi, kendaraan, dan fasilitas pelayanan terminal tersebut merupakan fokus kerja Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan untuk terus meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi serta meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat.