Duta Kebersihan Lingkungan Ajak Peserta CFD Bekasi Sisir Sampah

:


Oleh MC Kota Bekasi, Senin, 30 Mei 2016 | 08:49 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Bekasi, InfoPublik - Duta Kebersihan Kota Bekasi yang terdiri dari perwakilan siswa Kota Bekasi melakukan aksi pungut sampah dan sosialisasi kepedulian lingkungan saat pelaksanaan Car Free Day (CFD) kepada warga masyarakat. Termasuk aktivitas mereka pada pelaksanaan CFD, Minggu (29/5), di Jalan Ahmad Yani.

Puluhan duta kebersihan dengan berseragam olahraga masing-masing sekolah membawa karung untuk memungut sampah dan membuangnya pada tempat sampah yang tersedia. Hal itu mereka lakukan agar masyarakat lain juga ikut menjaga kebersihan lingkungan. 

"Ini sudah ketiga kali dalam pelaksanaan CFD, para duta Kebersihan menyisir sampah di CFD. Kegiatan mereka untuk memberi edukasi kepada warga lainnya agar tidak membuang sampah sembarangan," kata Dadang, Koordinator Duta Kebersihan dan Dinas Kebersihan Kota Bekasi kepada bekasikota.go.id, Minggu (29/5).

Selain itu, kata Dadang, para duta kebersihan ini meliputi perwakilan dari seluruh siswa sekolah di Kota Bekasi. Berjumlah kurang lebih 800 siswa dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat menengah, baik dari sekolah negeri maupun swasta.

"Kita akan gerakan duta kebersihan ini saat CFD dan program kebersihan lingkungan lainnya seperti di sekolah masing-masing mengenai pengolahan kompos," tambahnya.  

Saat pelaksanaan Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani terlihat banyak kegiatan masyarakat dilakukan. Misalnya peserta CFD melakukan aktivitas olahraga seperti jalan kaki, bersepeda dan aktifitas sosial lainnya.

Ada pula warga yang membawa makan atau membeli makanan sehingga menyisakan sampah-sampah. Bahkan masih banyak sampah yang terlihat berserakan di jalan. 

Salah satu duta kebersihan, Siswa mengatakan dirinya sebelumnya ditunjuk menjadi duta kebersihan. Ia bangga bersama kawan-kawannya yang lain untuk terus mengkampanyekan kepedulian lingkungan. Contoh kecil diantaranya memungut sampah di jalan.

"Kami senang bisa terlibat dalam kebersihan lingkungan dan semoga Kota Bekasi lebih bersih dan Indah," kata Siska. (goeng/toeb)