O2SN Erat Kaitannya Pembinaan Karakter Pelajar

:


Oleh MC Kalimantan Timur, Selasa, 24 Mei 2016 | 16:26 WIB - Redaktur: Tobari - 514


Samarinda, InfoPublik - Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) disebut erat kaitannya dengan upaya pembinaan karakter pelajar. Perhelatan pesta olahraga antar pelajar tersebut dinilai mampu menanamkan semangat sportifitas dan kerjasama antar tim.

“Jika dikaitkan dengan pendidikan karakter sangat mengena. Di sana ada sportifitas, kerjasama dan saling membantu antar anggota tim. Korelasinya begitu,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, melalui Kabid Pembinaan TK, SD, dan SLB Healtyana Martha Mou, sebelum membuka O2SN SD Tingkat Kaltim, di Samarinda, Selasa (24/5).

Itu sebabnya, peserta diharap aktif dan mengedepankan sportifitas agar tujuan penyelenggaraan tercapai sesuai harapan. Salah satu di antaranya mencetak pelajar menjadi pribadi yang punya nilai sportif tinggi.

Selain itu, melalui O2SN diharap dapat mendorong kreatifitas dan minat bakat anak, termasuk menigkatkan mutu penddikan agar anak semakin giat belajar. “Silakan berkompetisi dengan sportif. Melalui 02SN ini kita bisa sekaligus mengukur kemajuan pembelajaran di kabupaten/kota.

Sedangkan peserta terbaik yang akan mewakili Kaltim di 02SN Tingkat Nasional dan diharap bisa dilakukan pembinaan secara intensif. Harapannya Kaltim bisa beprestasi setidaknya menjadi terbaik kelima nasional.

Sejalan dengan itu, Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Disdik Kaltim Deslan Nispayani di tempat terpisah seusai membuka O2SN SMP dan SMA Tingkat Kaltim, mengatakan tujuan digelarnya O2SN di antaranya untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi siswa terhadap bidang olahraga.

Selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif, meningkatkan kesehatan jasmani, meningkatkan mutu akademis, dan membangun jiwa sportifitas.

“Kita berharap even olahraga pelajar tersebut dapat menghasilkan bibit unggul mewakili Kaltim di kancah nasional,” katanya.

Hanya saja, pihaknya mengaku tidak mematok target prestasi, tapi diupayakan tampil sedemikan rupa seperti tahun kemarin dengan pembinaan optimal.

Para juara I tingkat Kaltim akan diikutkan O2SN tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta pada Juli 2016, sehingga siapapun yang akan menjadi juara I tingkat provinsi diminta terus berlatih untuk meningkatkan kemampuannya.

Seperti diketahui, O2SN SD serta O2SN SMP dan SMA tingkat Kaltim diselenggarakan serentak 23 -26 Mei, di beberapa venue di Samarinda. O2SN SD diikuti 310 peserta yang terdiri 120 atlet, pelatih 80 orang, dan ketua tim 20 orang dengan delapan cabang olahraga dipertandingkan, diantaranya kids atletik, renang, dan volimini.

Sedangkan O2SN SMP dan SMA diikuti 520 atlet yang terdiri dari atlet SMP sebanyak 313 (158 atlet putri dan 155 atlet putra) dan atlet SMA sebanyak 207 peserta(106 atlet putri dan 101 atlet putra).

Masing-masing cabor didampingi oleh pelatih. Jumlah pelatih dalam O2SN tingkat Provinsi Kaltim tahun ini sebanyak 149 orang, terdiri dari pelatih di jenjang SMP sebanyak 92 orang dan pelatih dari jenjang SMA sebanyak 57 orang

Pada jenjang SMP terdapat delapan cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, yakni atletik, karate, pencak silat, bulutangkis, catur, tenis meja, renang, dan bola voli. Sedangkan pada jenjang SMA terdapat enam cabor yang dipertandingkan, yakni atletik, karate, pencak silat, bulutangkis, catur, dan tenis meja.(diskominfo kaltim/arf/toeb)