RPJM Nasional, Merauke Ditetapkan Sebagai Lumbung Pangan Nasional

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Rabu, 18 Mei 2016 | 09:40 WIB - Redaktur: Kusnadi - 399


Merauke, InfoPublik - Bupati  Merauke Frederikus Gebze, SE, M.Si mengungkapkan, sesuai dengan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015,   Kabupaten Merauke ditetapkan sebagai lumbung pangan.  Merauke ditetapkan sebagai lumbung pangan karena memiliki luas wilayah 4,6 juta  hektar yang memiliki potensi untuk pengembangan pangan seluas 1,2 juta hektar.

‘’Dari luas itu, 500.000 hektar atau 300.000 hektar saja kalau dapat dikelola dengan baik maka dapat mencadangkan stok nasional. Dengan demikian, saya mencanangkan Kabupaten Merauke sebagai Kabupaten Persatuan Indonesia  dari Sabang sampai Merauke,’’ katanya kepada wartawan,   Selasa (17/5) kemarin.  

Karena melihat keunggyulan koperatif padi pada sektor pertanian, lanjut  Bupati Frederikus Gebze, dirinya mencanangkan Merauke sebagai Kawasan Agro Ekonomi Pertanian Terpadu (Karpet) Merah Putih

‘’Karpet merah putih ini membentangkan  komperatif keunggulan Indonesia yang ada di Merauke menjadi  salah satu keunggulan  produk Indonesia untuk dunia. Ketersediaan pangan yang dilakukan bukan dengan koorporate tapi koperasi.  Koperasi ini baik dari pemilik hak ulayat, koperasi masyarakat maupun dari lembaga keagamaan,’’ terangnya.

Ttermasuk yang akan dikembangkan    adalah BUMD  yang nantinya memotong Bulog yang menurutnya terlalu banyak tengkulak.   

‘’Ini agar ada disperatis harga. harga tidka terlalu jauh antara petani dengan harga pasar karena dikendalikan oleh BUMD. Ini sedang digodok aturannya,’’ terangnya.

Selain itu,   jelas Bupati,  Merauke mencoba melakukan pengiriman beras ke PNG dengan harapan dapat memberikan konstribusi  nyata kepada petani. Sebab, jika pengiriman beras dapat dilakukan ke Negara tetangga tersebut, petani akan  menerima manfaatnya. 

‘’Harapan kita nantinya, beras  dari petani kita ini selain dapat dikirim ke PNG juga ke Negara-negara Fasifik lainnya seperti Selandia Baru,  Negara-negara Kepulauan Salomon. itu keinginan  kita bersama untuk bisa member makan kepada  Negara-negara di Semenanjung Fasifik tersebut,’’ harapnya.    (02/mc/mrk/AHK/Kus)