Perjuangan Kartini Hendaknya Menginspirasi Anak

:


Oleh MC Kabupaten Bulungan, Kamis, 21 April 2016 | 15:04 WIB - Redaktur: Kusnadi - 457


Bulungan, InfoPublik – Murid kelas 4, Difa (9) dengan cekatan memotong tomat dibantu rekannya dalam lomba memasak pada peringatan Hari Kartini, Hari Bumi dan Hari Buku Sedunia yang berlangsung di SDN 006, Tanjung Selor pada Kamis (21/04).

“Ini kami sedang membuat martabak telur,” ucapnya di tengah keringat yang menetes di wajah.

Pada saat bersamaan, pihak sekolah juga menggelar lomba menggambar dan lomba mewarnai bagi murid kelas 1, 2 dan 3.

Sementara bagi murid kelas 4, 5 dan 6 mengikuti kegiatan pameran inovasi daur ulang sampah dan kebersihan antar kelas, lomba menghias pot dari jerigen bekas serta lomba memasak memakai kompor. Anak-anak usia sekolah menggunakan seragam kebaya serta batik tampak ceria mengikuti kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah.

“Kegiatan ini untuk memperingati Hari Kartini setiap 21 April, Hari Bumi pada 22 April serta Hari Buku Sedunia pada 23 April,” terang Kepala SDN 006 Tanjung Selor, Martiana Are, S.Pd dalam sambutannya disampaikan di salah satu ruang kelas.

Ditambahkan, untuk lomba memasak, para anak-anak sekaligus diajarkan membuat menu masakan nasi goreng serta martabak telur dengan kreatifitas masing-masing. Kegiatan berlangsung selama 2 hari di mana hari terakhir berisi penyerahan hadiah bagi para juara serta piala kelas terbaik.

Kepala Dinas Pendidikan Bulungan, Jamalludin, S.Pd dalam kesempatan sama menambahkan, peringatan Hari Kartini hendaknya menjadi momen bagi anak-anak untuk mendalami perjuangan Kartini dalam mewujudkan kesetaraan gender di segala bidang.

Ditegaskan baik laki-laki maupun perempuan memilik hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan.

Begitu pula melalui peringatan Hari Bumi dan Hari Buku Sedunia, diharapkan anak-anak dapat memahami makna memanjangkan umur bumi serta perlunya membaca dalam menambah wawasan serta pengetahuan.

“Kita berharap anak-anak ini dapat menjadi pelopor di bidang pendidikan dan kesehatan, baik kesehatan diri maupun lingkungan serta pentingnya membaca untuk mengenal belahan dunia yang lain melalui pengetahuan,” ucapnya.

Kegiatan turut diisi penampilan tari Jepen dan tari Pedalaman yang dipersembahkan anak-anak SDN 006 di hadapan para undangan antara lain Polres Bulungan, Dinas Pendidikan Kaltara, komite sekolah serta para orangtua murid.

Sementara di halaman sekolah tempat lomba memasak berlangsung, meja panjang yang disusun sedemikian rupa sudah terisi rapi dengan berbagai sajian masakan hasil kreasi anak-anak. (Mc Kab. Bulungan/Kus)