Tingkatkan Pengelolaan Media Sosial Resmi Pemerintah

:


Oleh MC Kota Bekasi, Jumat, 18 Maret 2016 | 17:02 WIB - Redaktur: Tobari - 508


Bekasi, InfoPublik - Pelatihan Citizen Jurnalism Kehumasan bagi aparatur kelurahan dan kecamatan berlanjut pada hari kedua, Kamis (17/3), di  di Royal Safari Garden, Cisarua Bogor.

Materi hari kedua ini para peserta diberikan materi mengenai pengelolaan media sosial dan membuat berita untuk publikasi di media sosial.

Praktisi media sosial bidang bisnis selaku narasumber Dedi Mulyono mengatakan official atau akun resmi media sosial menjadi penting dimiliki instansi pemerintah baik di kelurahan maupun kecamatan.

Hal ini, kata dia, guna meminimalisir info bohong atau hoax yang disebarkan pengguna akun yang mengatasnamakan instansi pemerintah. Selain itu merespon cepat dan benar mengenai segala keluhan masyarakat yang disampaikan di media sosial.

"Media sosial resmi menjadi saran kita menyampaikan informasi terkait aktifitas kegiatan kita. Etika dikedepankan selaku perwakilan pemerintah, benar dan responsif. Juga menggerakan partisipasi masyarakat," ungkap Dedi Mulyono.

Saat pelatihan ini, terdapat 68 peserta. Terdiri dari 12 perwakilan kecamatan dan 56 perwakilan kelurahan. Mereka menjadi duta masing instansinya untuk mendapatkan pelatihan pengelolan media sosial.

Salah satu peserta ini terlihat antusias mengikuti kegiatan materi dari pembicara. Irwan, staf pelaksana Kelurahan Jati Karya Kecamatan Jatisampurna mengaku senang mengikuti pelatihan citizen jurnalisme kali ini.

"Kita sekarang jadi lebih tahu pentingnya pengelolaan media sosial sebagai sarana informasi dan menjawab keluhan di masyarakat. Nanti kita kelola baik lagi facebook maupun twitter Kelurahan Jatikarya," tegas Irwan. (goeng/toeb)