Dishubkominfo Fasilitasi Sosialiasi Hadapi Tantangan Generasi Muda

:


Oleh MC Kota Pariaman, Kamis, 10 Maret 2016 | 11:42 WIB - Redaktur: Tobari - 313


Pariaman, InfoPublik – Dishubkominfo Provinsi Sumatera Barat, melalui Bidang Kominfo Dishubkominfo Kota Pariaman, mengadakan sosialisasi yang bertajuk “Persiapan Generasi Muda Menghadapi Tantangan Globalisasi”, yang diadakan di Balairung Pendopo Rumah Dinas Walikota Pariaman, Selasa (8/3).

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan demi mengantisipasi penggunaan, peredaran narkoba, dan perilaku menyimpang oleh generasi muda. Sosialisasi tersebut, dibuka langsung oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar.

Acara dihadiri oleh Kabid Kominfo Dishubkominfo Provinsi Sumbar Nurfitrisman, Kabid Kominfo Dishubkominfo Kota Pariaman Nofrizal Nur, Ketua KNPI Kota Pariaman Riza Saputra, dengan narasumber Kasat Narkoba Polres Pariaman Andri Ardi Nasution dan pemilik sekaligus pendiri Laskar Pemuda Peduli Rakyat (LP2R) Yuni Ushi Johan Padang.

Genius Umar sangat mengapresiasi acara ini, beliau mengatakan kegiatan ini yang diharapkan akan menguatkan satu harapan, satu tujuan, satu komitmen, satu keinginan, satu tekad, satu sikap tegas, satu suara, dan satu cita-cita kita semua terhadap narkoba dan segala bentuk penyalahgunaan narkoba.

Indonesia berada pada posisi keempat negara dengan jumlah narkoba terbesar di dunia, Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional, Indonesia kini masuk dalam kategori darurat penyalahgunaan narkoba, dengan jumlah pecandu narkoba diatas angka 4,9 juta jiwa pada tahun 2013.

“Angka itu meningkat dari 1,75% pada tahun 2005, menjadi 4,9% pada 2011. Dengan demikian, jumlah pengguna narkoba di Indonesia meningkat 2,3%. Dan penggunanya yang berusia 10-20 tahun meningkat sebanyak 2,5%,” tambah Genius.

Wawako Pariaman juga menekankan bahwa tugas kita lah menyadarkan semua elemen masyarakat Kota Pariaman, bahwa kita memang harus bergandengan tangan dan harus bahu membahu memerangi kejahatan narkoba dalam segala bentuknya.

Karena kita menyadari bersama, perang terhadap bahaya narkoba tidak cukup apabila hanya dilakukan oleh para aparat penegak hukum, melainkan juga harus mengikut sertakan peran kita sebagai warga masyarakat.

Peserta dalam acara sosialisasi ini merupakan utusan dari Organisasi Kepemudaan yaitu KNPI, GMPP, Karang Taruna, Pelajar SMA/SMK/MA dan Mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang ada di Kota Pariaman yang cukup antusias sekali untuk ikut memerangi upaya perkembangan narkoba di Kota Pariaman.(bg.phaik/toeb)