Pemkot Ambon Sosialisasikan Penyusunan APBDes

:


Oleh MC Kota Ambon, Rabu, 3 Februari 2016 | 12:16 WIB - Redaktur: Tobari - 316


Ambon, InfoPublik - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Badan Pengelolaan Keuangan Kota Ambon melaksanakan sosialisasi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2016, bagi aparatur Pemerintah Desa dan Negeri di Kota Ambon.  

Asisten III Pemkot Ambon Romeo Soplanit saat membacakan sambutan Walikota, mengatakan tahun anggaran 2016 prioritas pembangunan dana desa masih diutamakan untuk mendanai program pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa serta prioritas pembangunan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kota Ambon.

Di dalam APBD Kota Ambon tahun 2016 telah ditetapkan dana desa sebesar Rp21,6 miliar dan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, mengalami peningkatan 25%.

“Sedangkan ADD Kota Ambon sebesar Rp8,3 miliar mengalami peningkatan 192% yang diprioritaskan untuk pembayaran penghasilan tetap dan tunjangan kepala desa dan aparatur desa, operasional perkantoran, tunjangan dan operasional saniri negeri, operasional PKK dan tunjangan RT/RW,” jelasnya.     

Apabila ditinjau dari segi peningkatan kinerja pelayanan dan kesejahteraan aparatur penyelenggara Pemerintah Desa namun, pihaknya percaya pelayanan kepada masyarakat yang didasarkan pada prinsip negeri membangun dengan keceriaan akan memberikan dampak positif bagi pembangunan Kota Ambon.

“Dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah Kota Ambon, ke depan ADD yang bersumber dari APBD Kota Ambon dapat ditingkatkan sesuai dengan amanat undang-undang,” paparnya.

Ia mengakui, selaku Walikota Ambon pihaknya memberikan apresiasi atas kegiatan sosialisasi penyusunan APBDesa dan negeri tahun 2016.

“Saya berharap kegiatan ini akan menghasilkan pertanggungjawaban keuangan desa dan negeri yang baik, serta memberikan dampak bagi penilaian opini laporan keuangan Kota Ambon di tahun 2016,” ujarnya.  

Ia mengimbau, para peserta sosialisasi dapat menyimak dengan seksama pemaparan dari para instruktur dengan penuh kesungguhan. “Sosialisasi ini hendaknya dapat diikuti dengan baik, sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal untuk pengelolaan APBDesa secara baik,” katanya. (WP/toeb).