Desa Lunto Barat Sawahlunto Miliki Inovasi Unggulan di Sektor IT

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Kamis, 26 Juli 2018 | 10:05 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 1K


Sawahlunto, InfoPublik - Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan verifikasi dan klarifikasi langsung ke Desa Lunto Barat, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Desa Lunto Barat merupakan Desa terbaik di Kota Sawahlunto tahun 2018, sekaligus mewakili Kota Sawahlunto untuk tingkat Provinsi Sumbar.

Desa Lunto Barat yang bertekad menjadi Kawasan Seribu Surau dan Kiblat Songket Minangkabau digagas oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Lunto Barat dan didukung penuh oleh Pemerintah Kota Sawahlunto. Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Rovanly Abdams mengatakan Desa Lunto Barat menjadi pilihan karena masuk lima besar di tingkat Provinsi Sumbar.

"Semoga Desa Lunto Barat yang akan diusulkan mewakili Sumbar untuk tingkat nasional," katanya di Pasar Lunto, Rabu (25/7).

Rovanly melanjutkan program dan inovasi Desa Lunto Barat patut diacungi jempol, seperti pada inovasi dalam sistem informasi dan teknologi (IT) yang dinamakan Sistem Informasi Guna Tanggap Umum (Siguntu).

"Dengan layanan ini memberikan pelayanan dengan sistem online dalam pengurusan surat-surat," tambahnya.

Disamping pelayanan lanjut Rovanly, program ekonomi dalam mengembangkan kerajinan masyarakat yaitu pengrajin songket hampir di tiap rumah tangga ada usaha songket. Ketua Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa, Azwir mengatakan Desa Lunto Barat telah mengikuti dua tahap penilaian yakni tingkat kecamatan dan kota, selanjutnya tahap tingkat provinsi.

Penilaian administrasi merupakan penilaian awal yang diikuti selanjutnya penilaian verifikasi dan klarifikasi lapangan, jika lulus akan dibawa ke tingkat provinsi yang disaksikan oleh tim penilaian nasional.

"Ada tiga kategori penilaian, bidang Pemerintahan, Kewilayahan, dan Kemasyarakatan," katanya.

"Jika Desa Lunto Barat terbaik tingkat provinsi akan diikutsertakan di puncak penilaian tingkat nasional pada Oktober nanti di Bali," sambungnya.

Sementara itu Kepala Desa Lunto Barat, Hendra mengatakan capaian sampai saat merupakan dukungan seluruh masyarakat Desa Lunto Barat.

"Semua capaian ini dapat digapai atas partisipasi seluruh elemen masyarakat," ujarnya. (Eko Kurniawan, S.Kom/Diskominfo/Eyv)