Pengerjaan Jalur Jalan Lintas Selatan Terus Dikebut

:


Oleh MC Provinsi Jawa Tengah, Selasa, 5 Januari 2016 | 16:38 WIB - Redaktur: Tobari - 2K


Purworejo, InfoPublik - Pengerjaan pelebaran jalan Slarang-Tambakmulyo-Congot yang menghubungkan Kabupaten Kebumen, Purworejo, dan Cilacap, terus dikebut. Ditargetkan jalan empat jalur tersebut, khususnya Paket Lot 3 Wawar-Congot rampung pada Agustus-September 2016 mendatang.

Kontraktor dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Firdaus, menjelaskan perencanaan pekerjaan jalan Slarang-Tambakmulyo-Congot yang termasuk jalur jalan lintas selatan (JJLS) sudah dilakukan sejak 2011.

Jalan yang semula hanya dua jalur, diperlebar menjadi empat jalur atau mencapai lebar 24 meter. Dengan begitu akses masyarakat yang melintasi Kabupaten Kebumen, Purworejo, hingga Cilacap akan lebih lancar. Kondisi jalan pun lebih bagus.

Saat ini pembebasan lahan pada paket Lot 3 Wawar-Congot sudah selesai. Pekerjaan pelebaran jalan sudah berlangsung di beberapa ruas jalan dengan realisasi hingga 5 Januari ini sebesar 14,412%. Pengerjaan jalan dari Congot hingga Jembatan Wawar ditargetkan selesai pascalebaran, atau pada Agustus-September tahun ini.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi saat melakukan peninjauan di ruas jalan Congot, Selasa (5/1), berharap agar pembangunan jalan terus dikebut, sehingga jalan di Jawa Tengah tidak tertinggal dari provinsi tetangga. Seperti di wilayah Congot Purworejo yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Seperti di sini, kalau jalannya sudah jadi, dari Yogya ke Jawa Tengah tidak njeglek. Masak kesannya kok sampai Jawa Tengah jalannya njegluk-njegluk," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut wakil gubernur menyempatkan memantau JJLS mulai dari Congot, Jatimalang, Jati, Wawar, Buluspesantren, Tambakmulyo, Karangbolong, Jladri, Ayah, Adipala, hingga Slarang Cilacap, dilanjutkan ke Banyumas dan Purbalingga. Sebelumnya, Heru juga meninjau ruas jalan provinsi mulai dari Kopeng, Magelang, Salaman, Tempuran, Purworejo. (humas jateng/MCjateng/toeb)