Lomba Tujai Anak PAUD Warnai Hari Anak Nasional

:


Oleh MC KAB BONE BOLANGO, Rabu, 18 Juli 2018 | 20:55 WIB - Redaktur: Tobari - 867


Bonebol, InfoPublik – Seru, ceria dan menggemaskan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2018 tingkat Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) yang digelar di Aula Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Kabila, Rabu (18/7).

Diawali dengan senam anak ceria. Peringatan HAN yang dibuka secara resmi Bupati Bonebol Hamim Pou itu, juga digelar ragam perlombaan unik. Salah satunya lomba Tujai oleh anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kabupaten Bonebol.

Tujai sendiri merupakan puisi bersajak dalam bahasa Gorontalo. Namun tidak terikat oleh jumlah baris. Tujai berisi pujian, nasihat dan petuah yang sering diucapkan pada prosesi adat setempat, seperti acara lamaran, perkawinan, pemberian gelar adat, penobatan raja dan dan acara penting lainnya. 

Bupati Bonebol Hamim Pou pada kesempatan itu menyampaikan selamat Hari Anak Nasional.”Terima kasih untuk seluruh orang tua, para pengelola PAUD, Kepala Sekolah TK, dan jajaran Dinas Dikbud Kabupaten Bonebol yang terus memperhatikan tumbuh kembang anak-anak kita,”ucap Hamim yang didampingi Bunda PAUD yang juga Ketua TP. PKK Lolly Hamim Pou.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bonebol, Marni Nisabu menjelaskan, bahwa kegiatan peringatan HAN diikuti 100 peserta didik dari lembaga PAUD TK dan kelompok bermain yang ada di wilayah Kabupaten Bonebol.

Ada 10 jenis lomba yang di lombakan dalam peringatan HAN tahun 2018, di antaranya lomba vokalia tunggal, tujai, finger painting, menghafal ayat-ayat pendek, lomba azan. Selanjutnya, lomba fashion show, memindahkan bendera, memasang kaus kaki dan memakai sepatu, menghafal doa, dan lomba qomat. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)